Kamis, 21 Feb 2019 21:40 WIB

Pakai Penggerak Roda Depan Ini Untungnya Buat Livina

Dina Rayanti - detikOto
All New Livina Foto: Nissan All New Livina Foto: Nissan
Jakarta - Mobil-mobil MPV Zaman now kebanyakan tak lagi menggunakan tenaga penggerak roda belakang. Kebanyakan MPV yang baru mengaspal tenaga penggeraknya berasal dari roda depan.

Mulai dari Mitsubishi Xpander, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, hingga yang terbaru Nissan Livina menggunakan tenaga penggerak roda depan. Livina yang mengusung mesin sama dengan Xpander, tenaga penggeraknya pun sama yakni roda depan.



Sedangkan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, dan Wuling Confero masih bertahan dengan identitas MPV yang biasanya mengusung tenaga penggerak roda belakang.

Mobil dengan penggerak roda depan artinya seluruh tenaga dari mesin disalurkan ke bagian roda depan mobil. Sementara roda belakangnya tidak diberikan tenaga.



Mengusung tenaga penggerak roda depan membuat mobil bisa lebih hemat penggunaan bahan bakar serta emisi karbon dioksida yang dihasilkan lebih sedikit.

Sayangnya buat penggemar mobil berperforma, mobil bertenaga penggerak roda depan kurang asyik buat digeber.



Sebaliknya mobil dengan tenaga penggerak roda belakang alias RWD (Rear-Wheel Drive) artinya seluruh tenaga dari mesin dialirkan ke roda belakang. Roda belakang itulah yang membuat mobil bisa berjalan.

Roda depannya tidak dialirkan tenaga dan bebas untuk bermanuver. Tenaga penggerak roda belakang membuat bobot mobil lebih merata dan seimbang.

Kalau Otolovers lebih suka yang mana?



Tonton juga video Dinilai Mirip Xpander, Nissan Tak Mau Asal Hadirkan All New Livina:

[Gambas:Video 20detik]


Pakai Penggerak Roda Depan Ini Untungnya Buat Livina
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed