Senin, 18 Feb 2019 20:05 WIB

Bentley Tantang Lamborghini Urus Rebut Gelar SUV Tercepat di Dunia

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Bentley
Jakarta - Lamborghini nampaknya harus waspada akan kelahiran Bentley Bentayga Speed yang akan diperkenalkan pada Geneva Motor Show 2019. Sebab, SUV tersebut digadang-gadang mampu menyalip kecepatan maksimum Lamborghini Urus sekaligus merebut gelar SUV tercepat di dunia.

Diberitakan Paultan, Bentley Speed mampu mencatatkan top speed hingga 306 km/jam dengan mesin 6.0 liter twin-turbo W12-nya. Angka tersebut berbeda tipis dengan Lamborghini Urus yang mencatatkan kecepatan puncak mencapai 298,5 km/jam.


Bentley Speed dilengkapi dengan penggerak all-wheel-drive yang dipadukan fitur Electronic Differential Lock dan 8 mode berkendara. Tak jauh berbeda dengan Lamborghini Urus.

Namun menariknya, dalam hal akselerasi mobil besutan Inggris ini masih harus mengakui keunggulan Lamborghini Urus.

Di atas kertas, Bentley Speed tercatat mampu mengeluarkan tenaga sebesar 626 hp dan torsi 900 Nm. Sedangkan Urus memiliki kekuatan 641 hp. Sehingga dalam hal akselerasi 0-100 km/jam Lamborghini Urus masih unggul yakni dengan torehan 3,6 detik (Bentley Speed di 3,9 detik).


Perlu diketahui juga, Bentley Speed merupakan hasil rombakan dari Bentayga konvensional yang dibuat agar lebih ngebut. Beberapa hal direvisi seperti penyetelan sistem kontrol putar listrik Dynamic Ride, suspensi, dan juga bobotnya. Dalam sistem rem-nya, Bentley Speed memilih keramik karbon yang 20 kg lebih ringan dibanding rem besi.

Sementara itu, ubahan lainnya juga terlihat pada spoiler belakang yang lebih besar, grill mesh gelap yang lebih aerodinamis, hingga ukuran velg dan bannya. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com