Sabtu, 16 Feb 2019 18:42 WIB

Jika Tidak Bagus Saat Hujan, Kok Xenia Pakai Lampu Putih?

Ruly Kurniawan - detikOto
Lampu-lampu Xenia Foto: Ari Saputra Lampu-lampu Xenia Foto: Ari Saputra
Sibolga - Headlamp kendaraan keluaran terbaru umumnya sudah menggunakan teknologi LED. Lampu yang berwarna putih cukup digemari karena lebih terang ketika cuaca sedang cerah.

Namun cahaya putih ternyata tidak sebaik lampu bohlam halogen standar yang berwarna kuning ketika cuaca sedang berkabut atau hujan. Cukup banyak pengendara juga yang mengeluhkan bahwa saat menggunakan lampu utama berwarna putih cahaya akan memantul atau tidak menembus rintik air maupun kabut.

Head Product Improvement Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi pun tak menampik hal tersebut. Kepada beberapa wartawan di Sibolga, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu, ia menuturkan bahwa lampu putih dan kuning ada keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

"Jadi, lumen (tingkat cahaya yang diarahkan dari sumber lampu atau angka kekuatan cahaya-Red) lampu putih dan kuning tergantung kondisinya. Jika kondisi terang, lampu putih lebih bersinar jelas dibanding kuning. Begitu juga sebaliknya," jelasnya.

"Saat keadaan hujan dan berkabut, bila mengandalkan LED bercahaya putih itu konteksnya tidak sampai berbahaya, sih. Tapi jarak pandangnya terbatas. Misalkan pakai lampu kuning bisa 200-300 meter, sedangkan yang putih hanya 100 meter," lanjut Bambang.



Lantas kenapa ya Xenia baru menggunakan headlamp LED berwarna putih? Dalam hal ini, Bambang mengatakan bahwa lampu tersebut untuk membantu pengendara melihat dengan jelas rambu dan jalan yang ada di depannya. Selain itu, lampu LED kian populer dan menjadi salah satu syarat kendaraan modern.

"Bila berbicara LED, sewaktu kita masih menggunakan halogen pemilik kendaraan umumnya merombak lagi untuk dijadikan LED. Namun secara instalasi jarang yang memperhatikannya. Hanya pasang, terang, selesai. Oleh karena itu, APM (Agen Pemegang Merek) mengeluarkan yang resminya sehingga layout, instalasi, dan sebagainya diperhatikan dan dijamin," ucap Bambang.

Dirinya juga menjelaskan dengan Daihatsu Xenia yang sekarang menggunakan LED berwarna putih bukan berarti pengendara akan tidak aman ketika memacu kendaraan di cuaca hujan ataupun berkabut.




"Alasan lainnya (pakai LED berwarna putih) juga karena kan kita ke gunung tidak selalu (daerah yang cuaca hujan dan berkabutnya tinggi), paling sebulan sekali. Jadi headlamp kita gunakan LED putih karena lebih sering digunakan. Saat hujan deras atau berkabut, pengguna hanya cukup nyalakan fog lamp saja. Itu kita buat dengan warna kuning," ujar Bambang.

"Jadi kombinasi gitu, saling melengkapi. Ketika cuaca berkabut dan hujan lebat pakai fog lamp agar membantu penglihatan pengendara (warna lampunya kuning). Dan, tidak perlu mematikan lampu utama. Asalkan pastikan fog lamp-nya menyala," tutupnya.

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed