Jumat, 15 Feb 2019 07:59 WIB

40 Maserati dan 3 Bentley Aman dari Pencurian di Papua Nugini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Papua Nugini Impor 40 Mobil Mewah untuk KTT APEC. Foto: AIRBRIDGECARGO
Port Moresby - Papua Nugini mendatangkan mobil-mobil mewah untuk delegasi KTT Asia-Pacific Economic Cooperation) yang digelar November 2018. Namun, ratusan mobil yang digunakan di acara itu dilaporkan hilang dan belum dikembalikan ke negara.

Dilaporkan Reuters, seorang komandan polisi Papua Nugini, Inspektur Dennis Corcoran, menyatakan sebanyak 284 unit mobil bekas KTT APEC Papua Nugini hilang. Mobil-mobil itu termasuk Land Cruiser, Ford, Mazda, dan Pajero.


Juru bicara pemerintah, Chris Hawkins, mengatakan bahwa sebuah acara internasional harus diselenggarakan dengan baik. Makanya, pihaknya mendatangkan mobil terbaik untuk KTT APEC.

Chris menegaskan banyak kendaraan yang belum dikembalikan berada di lokasi parkir gedung pemerintah atau digunakan oleh paramedis, pemadam kebakaran dan pelayanan publik lainnya.

Menurut polisi, sembilan mobil yang hilang telah dicuri dan beberapa di antaranya dicuri partnya. Yang lainnya dikembalikan dalam kondisi rusak parah.

Polisi yakin enam dari sembilan mobil curian masih ada di sekitar Port Moresby, ibukota Papua Nugini. Sementara tiga lainnya dibawa ke Gunung Hagen, dataran tinggi berbatu di negara itu.



Corcoran yakin bisa menemukan mobil-mobil itu. Sebab, dia memiliki data siapa saja yang menandatanganinya.

"Pada dasarnya, saya tahu di mana semua 284 kendaraan yang harus saya temukan berada," katanya.

Satu unit polisi khusus telah dibentuk untuk mencari ratusan mobil bekas KTT APEC itu di ibukota Papua Nugini, Port Moresby. Untungnya, mobil paling mahal dan mewah yang dipakai di KTT APEC, Maserati Quattroporte sudah ditemukan.

"Ke-40 Maserati dan tiga Bentley dalam kondisi prima dan terkunci di dermaga," katanya.



Simak juga video 'Melihat Jalan Mulus di Papua Nugini Buatan China':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com