Kamis, 14 Feb 2019 15:00 WIB

Ketika Pertama Kali Lahir, Lebih Laris Terios Apa Xenia?

Ruly Kurniawan - detikOto
Daihatsu Xenia Foto: PT Astra Daihatsu Motor Daihatsu Xenia Foto: PT Astra Daihatsu Motor
Sibolga -

[Gambas:Video 20detik]



Umumnya, saat ada produk baru, penjualan mobil akan terdongkrak. Apalagi bila mobil benar-benar dilakukan ubahan seperti Daihatsu Terios tahun lalu.

Bahkan dikatakan, pada awal kelahiran Terios bertampang baru pemesanannya meledak hingga dua kali lipat dibanding generasi lamanya. Namun bila dibandingkan dengan Grand New Xenia, siapakah yang lebih mendapat sambutan hangat?



Diluncurkan pada 23 November 2017, Daihatsu Terios mencatat pemesanan sekitar 4.000 unit pada awal Januari 2018. Bila dibandingkan dengan penjualan sebelumnya, Terios diakui 'naik pangkat'. Hal itu disampaikan Marketing & Costumer Relation Divisi Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso beberapa waktu lalu.

"Terbukti itu Terios diganti dari model lama ke model baru itu penjualannya naik dua kali lipat," ungkap

Infografis Daihatsu TeriosInfografis Daihatsu Terios Foto: Mindra Purnomo



Kontribusi Terios untuk penjualan Daihatsu saat itu langsung naik menjadi 14 persen, dibandingkan saat masih model lama di angka 7 persen.

Meledaknya pemesanan Terios tanpa konde tersebut juga buat pihak ADM geleng-geleng kepala. Inden mobil sempat sampai memakan waktu hingga empat bulan lebih.



Sedangkan Grand New Xenia yang hanya dilakukan beberapa ubahan, belum genap satu bulan sudah mencetak pemesanan sebanyak 3.726 unit. Perhitungan tersebut dalam periode 15 Januari 2019 sampai 11 Februari 2019.

"Awalnya target kita akan Xenia baru ini 3.000 unit/bulan. Naik dibanding model lamanya yang ditargetkan 2.000-an. Belum satu bulan, angkanya sekarang sudah di 3.726. Artinya challenge kita bisa dilalui," kata Hendrayadi di Sibolga, Sumatera Utara, Selasa (12/2/2019).

Tingginya angka pemesanan Xenia memang diakui karena pasarnya lebih besar dibanding Terios yang masuk kategori SUV. Bila melihat segmentasi pasar otomotif Indonesia di tahun 2018 saja, MPV yang diisi oleh mobil keluarga seperti Avanza dan Xenia berkisar 43% (pertumbuhan 10.8% dibanding tahun sebelumnya).

Sedangkan SUV yang diisi Rush-Terios berada di angka 19% dengan kenaikan 54% dibanding tahun sebelumnya. Maka bisa dikatakan hingga saat ini All New Terios mendapat sambutan yang lebih masif. Tetapi tentu, ada beberapa aspek lain yang harus diperhatikan sehingga rasanya masih terlalu dini untuk membandingkannya.



[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed