Kamis, 14 Feb 2019 11:54 WIB

Menperin Tetap Minta Sedan Diberi Keringanan

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Kementerian Perindustrian Foto: Kementerian Perindustrian
Jakarta - Kementerian Perindustrian terus berupaya meningkatkan investasi dan memperluas pasar ekspor untuk industri otomotif nasional. Oleh karena itu, diperlukan fasilitas insentif fiskal guna memacu produksi kendaraan yang sesuai selera konsumen global.

"Misalnya, kami mendorong peningkatan ekspor sedan," tutur Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dalam pernyataannya y ang diterima detikOto, Kamis (14/2/2019).

Dalam catatan detikOto, meski trennya mulai ke arah mobil SUV (Sport Utility Vehicle) di dunia, mobil-mobil sedan masih diminati. Mobil sedan yang paling laris di dunia saat ini seperti Toyota Corolla, Honda Civic, VW Passat, Mercedes-Benz C-Class, Honda Accord dan BMW Seri 3.



Namun pajak yang mahal yang kabarnya dipicu oleh anggapan penilaian kalau mobil sedan itu mobil mewah, membuat harga mobil sedan relatif lebih mahal dibanding mobil jenis MPV di Indonesia. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun sebelumnya berharap pemerintah menyamakan saja pajak-pajak mobil.



Pajak kendaraan diklasifikasikan berdasarkan jumlah kursinya, yakni untuk kelas di bawah 10 kursi dan di atas 10 kursi.


Tonton juga video 'INKA Banjir Orderan, Menperin: Manufaktur Memang Laris Manis':

[Gambas:Video 20detik]



(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed