Rabu, 13 Feb 2019 16:46 WIB

Mobil LCGC Perlu Oli yang Encer, Kalau Nggak Bisa Boros BBM

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Pelumas atau oli menjadi komponen yang tidak bisa dipisahkan untuk mendukung kinerja mesin. Segmen mobil Low Cost Green Car (LCGC) yang dikenal sebagai mobil irit dan ramah lingkungan perlu menggunakan oli yang lebih encer dibandingkan mobil lainnya.

Managing Director PT Total Oil Indonesia Franck Giraud mengungkapkan alasan khusus terkait penggunaan oli untuk jenis mobil LCGC.

"Kita tahu karakter mesin LCGC ukurannya cukup kompak, artinya ada isu yang kemudian muncul dengan ukuran mesin ini, yang perlu diperhatikan adalah temperatur. Jadi harus kita jaga temperatur supaya tetap dingin dan stabil," kata Franck di sela-sela peluncuran oli mobil LCGC di Ecology Bistro Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (13/02/2019).



Dalam paparannya Franck mengungkapkan tingkat viskositas yang baiknya digunakan berukuran 0W-20 dan 5W-30 sehingga membuat kinerja mesin lebih ringan. Penggunaan oli yang salah bisa menyebabkan kinerja mesin lebih berat dan efeknya konsumsi BBM bisa lebih boros.

Bersamaan dengan agenda tersebut, PT Total Oil Indonesia baru meluncurkan oli khusus mobil LCGC yang mengutamakan efisiensi bahan bakar dengan standar API SN atau ILSAC GF-5. Total mengklaim oli mesinnya sudah sesuai dengan karakter dan perilaku berkendara orang Indonesia.

"Di Indonesia gaya berkendara memang terus terang kami tidak melakukan pengujian khusus di Indonesia, tapi berdasarkan pengalaman kami di Rumania, Dubai, Mesir," ujar Franck.



"Ada satu hal yang bisa dibilang cukup serupa, yaitu tingkat kemacetan artinya stop n go, kita melihat ini menjadi concern utama untuk masyarakat Indonesia. Kami punya pengalaman untuk kondisi lalu lintas tersebut," kata Franck. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed