Rabu, 13 Feb 2019 12:20 WIB

Penantian Panjang Nissan Livina Generasi Terbaru

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Nissan Grand Livina. Foto: Nissan Nissan Grand Livina. Foto: Nissan
Jakarta - Nissan Grand Livina sudah cukup lama mewarnai jalanan Indonesia. MPV itu lahir 2007. Selama itu pula hingga berita ini ditulis Grand Livina belum berubah total.

Artinya, Grand Livina yang sekarang masih beredar di jalanan Indonesia sudah malang melintang selama 12 tahun. Beberapa hari lagi, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) dikabarkan bakal meluncurkan generasi baru dari Nissan Livina.

Sejak 2007 lalu, dari sisi desain, Nissan tidak terlalu banyak melakukan perubahan pada Livina. Mobil Nissan Grand Livina yang saat ini masih beredar gampang dikenal dari bentuk bodinya.

Livina 2009Livina 2009 Foto: Nissan




Meski begitu, baik dari sisi fitur, mesin sampai transmisi, sepanjang 12 tahun sejarahnya di Indonesia, Livina sudah banyak mendapat penyempurnaan.

Beberapa kali memang Nissan telah melakukan pembaruan minor terhadap Grand Livina. Tapi, pembaruan minor saja tidak cukup untuk melawan kompetitor yang cukup kuat di Indonesia. Mungkin konsumen Indonesia menunggu kehadiran Low MPV Nissan yang sama sekali baru. Apalagi umurnya sudah 12 tahun di Indonesia.

Livina 2013Livina 2013 Foto: dok detikOto


Menurut catatan detikOto, Nissan beberapa kali memberikan pembaruan terhadap Livina. Mulai dari penambahan varian hingga facelift Livina sempat diluncurkan.

Empat tahun berselang setelah diluncurkan pertama di Indonesia, Nissan meluncurkan Grand Livina facelift, tepatnya pada 2011. Perubahan mulai dari grille yang memiliki desain baru yang elegan. Bagian pelek juga berubah jadi lebih banyak palangnya. Dan untuk bagian interiornya lebih nyaman dengan corak hitam. Sementara perubahan juga pada terjadi pada disain speedometer yang saat ini didominasi oleh warna putih.

Livina Autech 2011Livina Autech 2011 Foto: dok detikOto




Mesinnya tersemat teknologi CVTC (Continuously Variable-valve Timing Control) yang mengatur mesin untuk memperbesar tenaga dan torque (momen puntir) secara efisien di setiap putaran mesin.

Itu menjadi facelift pertama Nissan Grand Livina. Di tahun-tahun berikutnya, Nissan cuma mempermak sedikit tampilan dan fitur Grand Livina. Belum ada perubahan besar-besaran terhadap MPV andalan Nissan tersebut. Terakhir, Grand Livina mendapatkan penyegaran pada Maret 2018 dalam bentuk Grand Livina Special Version.

Grand Livina Special VersionGrand Livina Special Version Foto: Ruly Kurniawan


Kini, dengan memanfaatkan aliansi bersama Mitsubishi, Nissan akan menggunakan platform low MPV terlaris Mitsubishi, Xpander. Seperti diketahui, kehadiran Mitsubishi Xpander cukup menggebrak pasar otomotif Indonesia, khususnya kelas low MPV yang merupakan segmen terlaris di Tanah Air. Xpander mampu memberikan perlawanan terhadap mobil terlaris Indonesia, Toyota Avanza.

Wajar, kehadiran Xpander memberikan 'warna' baru terhadap segmen low MPV. Mitsubishi Xpander mengusung perpaduan desain MPV dan SUV. Nissan Livina generasi terbaru yang dikabarkan meluncur dalam waktu dekat ini pun dirumorkan memiliki identitas yang mirip dengan Mitsubishi Xpander itu. Apalagi jika dilihat dari foto-foto yang beredar, bentuknya mirip dengan MPV Mitsubishi tersebut.


Simak juga video 'Menjajal Offroad di Gurun Terpanas Sahara':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed