Kamis, 07 Feb 2019 20:05 WIB

Dibanding DP 0%, Bunga Rendah Lebih Seksi untuk Mobil Mewah

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) membolehkan pemberian uang muka (Down Payment/DP) 0 persen untuk kendaraan bermotor, akhir Januari 2019 lalu. Aturan tersebut bakal memudahkan konsumen yang ingin beli motor atau mobil secara kredit.

Lantas bagaimana tanggapan produsen mobil premium seperti Mercedes-Benz mengenai kebijakan tersebut?

Dijelaskan Deputy Director Sales Operations & Product Management Mercedes-Benz Distributor Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto, kebijakan DP 0 persen tidak akan berpengaruh besar terhadap penjualan mobil premium. Meskipun faktanya, masih banyak konsumen Mercedes-Benz yang kredit.



"Konsumen Mercedes sejauh ini masih banyak porsinya yang kredit. Terkait, DP 0 persen, itu kan sebenarnya turunannya banyak. Misal hanya bisa untuk financing kami yang NPL nya di bawah 1 persen. Juga konsumennya pun ada kriteria sendiri kan. Tapi kalau kami melihat, segmen Mercedes-Benz belum ada lonjakan drastis karena DP 0 persen. Sebab secara DP biasanya mereka sudah siap," kata Kariyanto, di Senayan, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

Dibanding DP 0 persen, menurut Kariyanto bunga rendah lebih 'seksi' di mata calon konsumen Mercy. "Sejauh ini bunga rendah kami amati lebih menarik untuk segmen premium ini," lanjut Kariyanto.



"Kebijakan bunga rendah ini tergantung, kadang malah juga ada yang sampai bunga 0 persen dengan angsuran setahun sampai dua tahun. Tapi ini tidak bisa diukur bisa nge-boosting penjualan juga. Tapi dilihat trennya, bunga rendah ini lebih menarik dari DP 0 persen," pungkas Kariyanto. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com