Kamis, 07 Feb 2019 16:56 WIB

Mercedes-Benz Siap Ikuti Regulasi Penggunaan GPS di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Penunjuk navigasi di A-Class terbaru Foto: Mercedes-Benz Penunjuk navigasi di A-Class terbaru Foto: Mercedes-Benz
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan menolak gugatan terhadap Pasal 106 (1) yang dikaitkan dengan penggunaan GPS pada smartphone.

Alasannya, penggunaan perangkat GPS berpotensi mengganggu konsentrasi pengendara. Bagi siapa yang melanggar, bisa saja terkena hukuman penjara dan denda uang tunai.

Permasalahannya, GPS tidak hanya ada di smartphone atau perangkat khusus GPS saja. Pada mobil-mobil modern saat ini pun sudah banyak yang dilengkapi navigasi GPS yang 'tertanam' di head unit-nya.

Menanggapi hal tersebut, Mercedes-Benz Distributor Indonesia, mengaku siap mengikuti setiap aturan yang dikeluarkan pemerintah, terkait GPS.



"Dari kami sih belum akan bereaksi, kami pelajari dulu gimana aturannya. Aturan kan dibuat pasti ada tujuan baiknya juga," kata Deputy Director Sales Operations & Product Management Mercedes-Benz Distributor Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto, di Senayan, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

"Tapi kalau misalnya nanti ada komponen yang harus kami adjust segala macam, kami harus lakukan itu. Tapi saat ini kami belum apa-apa sampai keluar aturannya secara jelas," lanjut Kariyanto.

Menurut Kariyanto, setiap produk Mercedes-Benz harus sesuai aturan. "Karena kalaupun itu diterapkan efeknya bukan hanya ke produk kami, tapi merek premium lain juga punya produk itu," terang Kariyanto.



Kariyanto mencontohkan, di Mercedes-Benz sudah ada perangkat konektivitas yang bisa menghubungkan antar head unit Mercedes-Benz.

"Ada yang namanya MB Connect, antara mobil bisa terkoneksi, tapi memang belum kami bawa ke Indonesia, yang jelas soal aturan ini kita pelajari dulu dampaknya seperti apa," pungkas Kariyanto.



Simak video E 350 EQ Boost, Jagoan Baru Mercedes-Benz 2019:

[Gambas:Video 20detik]


Mercedes-Benz Siap Ikuti Regulasi Penggunaan GPS di Indonesia
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed