Tanpa APM, Bagaimana Servis Mobil China yang Sudah Tak Dijual?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 06 Feb 2019 12:33 WIB
Chery QQ, Mobil Mungil dari China. Foto: Dok. Fajar
Jakarta - Merek mobil asal China, Chery sempat mampir ke Indonesia. Sayang, kiprahnya hilang di industri otomotif Tanah Air. Namun, beberapa komunitas Chery QQ masih aktif lho, salah satunya QQ Family Indonesia.

Menurut Fajar Putra Dewa, pendiri komunitas QQ Family Indonesia sekaligus pengguna Chery QQ, fungsi komunitas tidak hanya nongkrong dan menghabiskan waktu.

Dari wadah ini, para pemilik Chery QQ dapat saling bertukar informasi untuk mengakali suku cadang, karena diler dan Agen Pemegang Merk (APM) sudah tidak lagi menyuplai barang.



"Kita fokus utamanya di situ cari spare part yang udah langka dari mobil ini. Cara ngakalinnya mau nggak mau kita harus cari spare part dari merek lain tapi sama, tapi kalau memang nggak ada sama sekali yang sama kita ke importir," ungkap Fajar Putra Dewa kepada detikOto.

Fajar kemudian menuturkan bahwa suku cadang mobil asal Jepang dapat digunakan pada mobil Chery QQ miliknya. Untuk pemasangan sendiri, beberapa member juga sering berkunjung ke rumah Fajar.



"Sekitar 70 persen sparepart mobil ini (Chery QQ) mirip dengan Karimun, kalau tidak sama kami harus kreatif, dan solusi lainnya bisa melalui importir," ungkap Fajar

"Pada datang ke rumah saya, pasang di sini, ya saling bantu antar-member," kata Fajar yang tinggal di wilayah Perumahan Polimer, Bekasi.


Tonton video 'Kiprah Mobil China di Indonesia'.

[Gambas:Video 20detik]

(riar/rgr)