Jumat, 01 Feb 2019 16:55 WIB

Mitsubishi Indonesia Recall Pajero, Delica dan Lancer

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi Pajero Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi Pajero Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengumumkan kampanye perbaikan (field fix campaign) alias recall terhadap tiga mobil yang sudah beredar di Indonesia. Ketiga mobil yang di-recall itu adalah Mitsubishi Pajero Super Exceed, Delica, dan Lancer SEi di Indonesia.

Ketiga mobil tersebut ditemukan kemungkinan masalah Body Inflator Airbag (komponen mekanis pengembang kantung udara/airbag) dapat pecah. Risikonya, jika komponen tersebut pecah bisa terpental material komponen tersebut yang berpotensi melukai pengemudi dan/atau penumpang depan ketika airbag mengembang saat terjadinya tabrakan frontal.



Dalam siaran pers yang diterima detikOto, Jumat (1/2/2019), Mitsubishi menyebut kampanye perbaikan Airbag Inflator ini wujud kepatuhan terhadap ketentuan yang diatur di dalam Peraturan Perundang-undangan yang berlaku khususnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 33 Tahun 2018 Tentang Pengujian Tipe Kendaraan Bermotor.

Adapun mobil yang terdampak sebagai berikut:
1. Pajero Super Exceed tahun produksi 2008-2013 pergantian part airbag sisi pengemudi dan penumpang depan (62 unit).
2. Delica tahun produksi 2014-2016 pergantian part airbag sisi penumpang depan (996 unit)
3. Lancer SEi tahun produksi 2006-2012 pergantian part airbag sisi penumpang depan (220 unit).

"Program kampanye perbaikan ini merupakan bentuk komitmen dan tanggung jawab Mitsubishi Motors Corporation dalam menjaga kualitas kendaraan secara berkesinambungan serta memberikan jaminan layanan purna jual berkualitas untuk terus memastikan keamanan dan kenyamanan berkendara bagi para pengguna kendaraan Mitsubishi di Indonesia. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan penumpang Mitsubishi, terbukti walaupun model kendaraan yang dimaksud sudah tidak lagi didistribusikan secara resmi oleh MMKSI namun komitmen dan tanggung jawab merek terhadap konsumen tetap dilakukan melalui berbagai aktivitas seperti kampanye perbaikan ini," ungkap Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

Penyebab Body Inflator Airbag memiliki potensi pecah dikarenakan oleh bahan kimia pengembang airbag, yakni ammonium nitrate yang berubah dalam akumulasi jangka waktu yang lama sehingga rusak di bawah pengaruh perbedaan temperatur dan kelembaban. Komponen Body Inflator Airbag yang baru sebagai pengganti dalam kampanye perbaikan ini telah dikembangkan tanpa penggunaan bahan kimia tersebut.



Mitsubishi akan mengirimkan surat kepada pemilik kendaraan yang terlibat kampanye ini. Kampanye dimulai hari ini, Jumat (1/2/2019) di diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia. Konsumen tak akan dipungut biaya.

Konsumen dapat menghubungi diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kampanye perbaikan ini, sekaligus melakukan Service Booking untuk kemudahan dalam pengaturan waktu perbaikan mulai tanggal 1 Februari 2019.

"Kami mengundang para konsumen setia kendaraan penumpang Mitsubishi dengan model dan tahun kendaraan yang dimaksud untuk dapat melakukan pemeriksaan kendaraannya di diler resmi kami dengan prosedur yang mudah dan kompensasi penggantian part terkait tanpa biaya", tambah Irwan.

Kegiatan ini memiliki estimasi pemeriksaan penggantian komponen dengan durasi tiga jam untuk model Pajero Super Exceed dan dua jam untuk Delica dan Lancer SEi. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed