Jumat, 18 Jan 2019 09:48 WIB

Nissan Makin Kelelep, Disalip Wuling Digeser Datsun

Dina Rayanti - detikOto
Nissan. Foto: Ari Saputra Nissan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Nasib Nissan tahun 2018 makin terpuruk. Penjualannya kian menurun dari tahun ke tahunnya. Nissan sendiri memang kurang aktif dalam beberapa tahun terakhir.

Nissan jarang merilis model baru, paling-paling hanya mempercantik tampilan mobilnya sedikit. Namun rasanya itu belum cukup untuk memuaskan konsumen Indonesia.


Nissan harus menghadapi beratnya persaingan di tengah pendatang baru seperti mobil China Wuling yang meluncurkan produk baru dengan harga lebih murah. Desain mobil China pun cukup bisa diterima orang Indonesia.

Meski belum bisa menguasai pangsa pasar di Indonesia, setidaknya Wuling mampu perlahan bergerak ke atas menyalip Nissan dalam tahun pertamanya.

Wuling seolah mengambil celah kekosongan yang tidak lagi diramaikan Nissan. Mengutip data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Nissan yang pernah menyentuh penjualan hingga 60.000-an unit dalam setahun harus bersusah payah menjual 10.000 unit saja.


Tahun 2012 misalnya, Nissan mencatatkan angka 67.143 unit dalam setahun untuk keseluruhan modelnya. Sedangkan tahun 2018 hanya 6.885 unit.

Wuling boleh kalah pada tahun debut perdananya. Tahun 2017 Wuling hanya membukukan 5.050 unit dan mengisi tempat kesebelas mobil terlaris se-Indonesia. Tetapi keadaan berbalik setahun setelahnya. Wuling langsung ngegas tahun 2018. Dua produk baru diluncurkan yakni Cortez dan Formo. Secara total, Wuling punya tiga model yang ditawarkan ke orang Indonesia.

Tiga model tersebut cukup bagi Wuling menyalip Nissan yang kian terpuruk. Wuling kini menempati posisi Nissan di tempat kesembilan. Selama tahun 2018 Wuling menjual 17.002 unit mobilnya.

Nissan tidak hanya disalip oleh Wuling. Pabrikan asal Jepang itupun harus rela digeser oleh sang adik Datsun. Dibandingkan tahun 2017, memang Datsun cenderung stagnan. Namun masih mampu berada satu tempat di atas Nissan. Tahun 2018 10.433 unit mobil Datsun terjual ke pasaran.


Tahun 2018 Nissan mulai hidup kembali setelah meluncurkan SUV Terra. Kabarnya tahun 2019, Nissan siap ngegas dengan meluncurkan produk MPV berbasis Xpander. Mampukah Nissan kembali bersinar tahun 2019?



Simak juga video 'Menjajal Offroad di Gurun Terpanas Sahara':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com