Kamis, 10 Jan 2019 07:59 WIB

Wah, Suzuki Siapkan SUV Penantang Pajero Sport dan Fortuner

Ridwan Arifin - detikOto
Suzuki Vitara Brezza. Foto: Rangga Rahadiansyah Suzuki Vitara Brezza. Foto: Rangga Rahadiansyah
New Delhi - Suzuki kini tengah mempersiapkan mobil di segmen Sport Utility Vehicle (SUV) baru untuk dapat bersaing di mobil berdimensi lebih besar, seperti Toyota Fortuner serta Mitshubishi Pajero Sport. Sebenarnya Suzuki sudah memiliki Vitara Brezza namun bermain di segmen Low SUV.

Hal ini diketahui dari wawancara CEO Maruti Suzuki India, Kenichi Ayukawa, seperti yang dikutip dari Autocar India. Mereka mulai tergiur untuk membuat mobil berdimensi lebih panjang dan besar dari Vitara Brezza.

"Kami sedang mempelajari jenis kendaraan itu, sebuah SUV ukuran besar. Kami sedang berdiskusi di sini dan di Jepang untuk melihat apakah kami bisa mengembangkannya," kata Ayukawa.



Lebih lanjut, SUV buatan Maruti Suzuki generasi terbaru ini diperkirakan akan lebih besar (sekitar 4,3 meter). Pengembangan tidak jauh dari dua mobil sebelumnya yang akan dijadikan basis, yakni S-Cross dan Vitara Brezza namun lebih berotot untuk menyaingi Hyundai Creta di pasar India.



SUV baru Suzuki disebut akan menggendong dua pilihan mesin yakni bensin 1.2 liter turbocharged dan diesel 1.5-liter turbocharged yang baru dan dikembangkan sendiri.

"SUV ukuran ini perlu memiliki kinerja mid-range yang kuat, yang hanya dapat disediakan oleh mesin turbo-bensin," kata sumber perusahaan.

SUV Suzuki penantang Fortuner dan Pajero Sport ini diharapkan akan diluncurkan pada pertengahan 2020, dengan fitur dan standar keselamatan yang ditawarkan SUV merek lain di segmen ini. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com