Jumat, 28 Des 2018 19:59 WIB

Kaleidoskop 2018

Wuling Cortez yang Coba Salip Toyota Innova

Dina Rayanti - detikOto
Wuling Cortez. Foto: Rengga Sancaya Wuling Cortez. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Hadir sebagai pendatang baru dengan citra merek China tentu menjadi tantangan berat bagi Wuling masuk di pasar otomotif Indonesia. Merek-merek mobil China sering dipandang sebelah mata.

Kualitas mobil China tak jarang diragukan, belum lagi dibanding-bandingkan dengan merek Jepang yang sudah lebih dulu eksis dan kualitasnya diklaim sudah terbukti.


Mobil pertama Wuling yang ditawarkan di Indonesia adalah Confero. Confero adalah mobil berjenis Low MPV. Dengan begitu Confero menantang Avanza, Xenia, dan model lainnya di segmen tersebut.

Amunisi Wuling di segmen MPV alias mobil keluarga tak hanya Confero. Awal tahun 2018, Wuling merilis Cortez yang memiliki kapasitas mesin lebih besar. Jika melihat dari sisi kapasitas mesin Cortez bisa dibilang menantang Innova. Lantas berhasilkah usaha Wuling menjegal jalan Innova?

Innova VenturerInnova Venturer Foto: Toyota Astra Motor


Kiprah Wuling di tahun pertamanya ini bisa dibilang cukup lumayan. Mengutip data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, selama 11 bulan total ada 5.095 unit Cortez keluar dari pabrik Wuling untuk dikirim ke diler-diler.

Capaian Wuling memang tidak ada apa-apanya jika dibandingkan Innova. Innova sudah hadir lebih lama di Indonesia belum lagi banyak varian yang ditawarkan oleh Toyota pada model ini.


Tak heran kalau dalam setahun 54.669 unit Innova terkirim ke sejumlah diler Tanah Air. Masih butuh waktu bagi Wuling untuk bisa membuktikan mobilnya andal laiknya merek mobil Jepang yang sudah menjamur di Tanah Air.

"Cortez itu memang marketnya lagi turun tetapi secara jumlah keseluruhan masih stabil dan ini memang kan akhir tahun Desember secara market Medium MPV turun, tapi so far secara pencapaian tetap positif," ungkap Brand Manager Wuling Motors Indonesia Dian Asmahani beberapa waktu lalu.


Tonton juga video 'Mencoba Ketangguhan Wuling Cortez':

[Gambas:Video 20detik]

Wuling Cortez yang Coba Salip Toyota Innova
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed