Dibangun di Indonesia, Mobil Hyundai 80% Gunakan Komponen Lokal

Ruly Kurniawan - detikOto
Jumat, 21 Des 2018 20:54 WIB
Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Luhut B Pandjaitan mengungkapkan masuknya Hyundai ke Indonesia bakal berbanding lurus dengan perkembangan industri rumahan atau vendor dalam negeri. Sebab, sekitar 80% dari mobil korea tersebut akan gunakan komponen Indonesia.

Walau belum dapat dipastikan seberapa besar penurunan harga mobil Hyundai ketika dirakit di Indonesia, namun akan ada banyak vendor dalam negeri yang terlibat.

"Hebatnya Hyundai ini, dia bilang 'oke, saya mau investasi dan Indonesia tolong siapkan banyak vendor. Yah, sebanyak 80%-an'. Nah ini kan bagus," kata Luhut dalam kunjungannya ke kantor TransMedia, Jakarta, Jumat (21/12/2018).


Hyundai juga telah mengungkapkan komitmennya untuk membuat pabrik di Indonesia yang bahkan bisa membuat mobil listrik. Sekitar Rp 12 triliun (US$ 880 juta) disiapkan.

"Mereka dari awal memang ingin investasi, tapi memikirkan bagaimana perijinannya, perlindungannya, dan lain-lain. Lalu juga tentang insentifnya. Setelah saya dengarkan dan kita berdiskusi, yah mereka katanya akan datang ke Indonesia untuk kasih jawaban," terang Luhut.

Eh ternyata baru juga 3 hari, dia (salah satu boss Hyundai) datang ke Jakarta dan memutuskan untuk melakukan investasi. Mereka ingin Maret atau April 2019 sudah bisa announce," lanjutnya.

(ruk/lth)