Rabu, 12 Des 2018 11:42 WIB

Mobil Hybrid BMW Bisa Dicas di Mana pun

Rizki Pratama - detikOto
Charger BMW i8. Foto: Ari Saputra Charger BMW i8. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Salah satu perhatian calon pembeli mobil listrik di Indonesia adalah mengenai minimnya infrastruktur pengisian daya. Tak sama dengan mobil konvensional yang menggunakan bensin dan tersebar melalui berbagai SPBU, public charging masih menjadi hal yang sangat krusial apabila daya kendaraan listrik habis di tengah jalan.

Menanggapi hal tersebut BMW sendiri sudah memiliki solusi agar pengguna produk mereka tak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut. Selain menyediakan paket home charging untuk setiap model PHEV yang mereka jual, BMW juga menyediakan travel adapter yang memungkinkan pengisian daya di sumber listrik konvesional.



"Kalau kita bicara mengenai PHEV dari BMW tidak perlu menggunakan charging station pun bisa, tinggal ganti pakai travel adaptor di colokkan mana pun bisa," ujar Vice President of Corporate Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'tania usai peluncuran Pertamina GES di Kuningan, Jakarta (10/12/2018).

Namun Jodie mengingatkan bahwa pengisian daya di tempat lain selain stasiun pengisian daya akan memakan waktu yang lebih lama dikarenakan adanya perbedaan konfigurasi dan teknologi.

Meskipun sudah mendukung Pertamina, BWM sendiri belum berencana menyediakan Public Charging dikarenakan hal tersebut baru diperlukan oleh kendaraan yang bertenaga listrik sepenuhnya. "Karakterisitik penggunaan BMW listrik adalah mereka yang menggunakan kendaraan sehari-hari. Menurut BMW sampai dengan saat ini itu masih bisa dicover dengan home charging. Jadi sebenernya mereka tidak perlu charging di tempat lain. Untuk ke depan nanti apabila BMW menghadirkan full electric itu pasti kita sediakan public charging di titik yang strategis," ungkap Jodie.



Secara global saat ini BMW memiliki 5 jenis kendaraan BMW iPerformance sebagai kendaraan PHEV untuk ditawarkan kepada konsumen yaitu BMW 740Le iPerformance, BMW 530e iPerformance, BMW 330e iPerformance, BMW 225xe iPerformance, dan BMW X5 xDrive40e iPerformance. BMW Group berencana untuk meluncurkan 25 kendaraan listrik pada tahun 2025.

Hingga akhir tahun 2017 BMW Group telah melepas lebih dari 100.000 unit kendaraan listrik dan plug-in-hybrid kepada pelanggan di seluruh dunia. Tahun ini perusahaan Jerman tersebut menargetkan 140.000 unit penjualan di seluruh dunia. (rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed