Sabtu, 08 Des 2018 08:32 WIB

Liputan Khusus

Bawa Road Sweeper Nggak Boleh Ngebut, Sabar Kuncinya

Ridwan Arifin - detikOto
Truk penyapu jalan Foto: Rengga Sancaya Truk penyapu jalan Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Road Sweeper atau mobil/truk penyapu jalan menjadi andalan di kota metropolitan guna menjaga kebersihan lingkungan. Termasuk Jakarta, Otolovers mungkin pernah berpapasan dengan kendaraan tempur milik Dinas Lingkungan Hidup ini? lajunya yang lambat ternyata memiliki alasan lho.

Berbincang bersama detikOto, Pengawas Operasional Giat Malam Road Sweeper di Jakarta Selatan, Paiman menyebutkan bahwa kecepatan maksimal dari kendaraan penyapu jalan hanya 42 km/jam.

Truk penyapu jalanTruk penyapu jalan Foto: Rengga Sancaya




"Sebelum menuju lokasi pembersihan kecepatan maksimal Dulevo 6000 hanya 42 km, tapi saat bekerja itu pelan sekali kecepatannya paling 15 km/jam bahkan nggak sampai, tergantung kondisi jalannya juga," ungkap Paiman di asrama Dinas Kebersihan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.
Truk penyapu jalanPenyapu jalan Foto: Ridwan Arifin

Hal senada juga dikatakan operator Dulevo 6000, Fajar Nurrochmat yang sudah menjadi sopir road sweeper selama 4 tahun, dari kisahnya selain skill, sabar adalah kunci dalam mengendalikan mobil ini.



"Mobil ini bawanya nggak bisa ngebut, kita perhatikan juga jalanannya sudah bersih apa belum, kalau belum kita mundur lagi, kadang ada yang protes lambat-lah," ungkap Fajar.

Ia bercerita pernah diprotes pengendara lain sambil diumpat. Malah ketika masuk jalur busway, pernah cek cok dengan pengemudi bus.

"Yang paling berat itu masuk jalur busway, pernah kita cek cok aja, tapi mau gimana lagi, dia kerja, kita juga lagi menjalankan tugas," ungkap Fajar.

Truk penyapu jalan siap beraksi bersihkan jalanan JakartaTruk penyapu jalan siap beraksi bersihkan jalanan Jakarta Foto: Ridwan Arifin


Saat ini road sweeper yang dimiliki ibukota berjumlah 88 unit dari berbagai model, mulai dari Dulevo 200, 5000, 6000 dan Hino - Ceksan.


Tonton juga ' Dunia Malam Penyapu Jalan ':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com