Kamis, 06 Des 2018 09:52 WIB

City Car Melempem, Sirion Harus Saingan dengan LCGC

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dina Rayanti Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Semenjak mengaspal awal tahun 2018 pada bulan Februari lalu, rata-rata penjualan generasi ketiga Daihatsu Sirion tak secemerlang generasi pendahulunya. Meskipun demikian Daihatsu mengklaim, Sirion baru ini masih cukup bagus untuk sebuah model baru.

"Sirion menurut kita masih bagus, rata-rata seratusan unit per bulan itu karena baru ganti model," ujar Marketing & CR Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso kepada detikoto beberapa waktu lalu.


Perbedaan harga juga masih menjadi faktor lain yang menyebabkan penurunan dari versi sebelumnya.

"Harganya juga berbeda dengan model lama, sehingga reposisi lagi, dulu bisa jual 200an unit sekarang seratusan saja. Nggak sama seperti tahun lalu kan Sirion lama 150 jutaan sedangkan yang baru sekarang Rp 190 juta jadi ada beda segmen yang bergeser." tambah Hendra.

Meskipun demikian Hendra mengungkapkan Sirion terus mengalami peningkatan dan tidak menjauh dari target Daihatsu.

"Perlahan sejak itu diluncurkan Sirion penjualannya bagus nanti mendekati stabil."

Hendrayadi menambahkan ramainya pasar low hatchback membuat pembagian marketshare menjadi sangat kecil dan hanya didominasi oleh beberapa nama besar.


"Segmen low hatchback pemainnya banyak sekali, city car itu pemainnya hampir 12 model kalau ga salah sangat crowded sekali. Sementara segmen itu kan nggak sebesar low MPV atau medium SUV. Jadi pemainnya banyak segmennya kecil akhirnya berebutan, tinggal satu dua yang sangat menonjol dari brand lain."

Tidak mendominasi market share pada kelas city car, Daihatsu tetap berkomitmen untuk tetap memberikan pilihan kepada konsumen pada segmen tersebut.

"Kita tetap fokus menyediakan city car sebagai kendaraan anak muda. Sebenarnya kita punya dua model, Ayla 1.200 dan Sirion. Tapi ada lebih kurangnya, yang satu harganya terjangkau dan yang satu lagi dengan harga yang lebih tinggi," tutup Hendra.


Tonton juga 'Pancaran Syahwat Maskulin dari Toyota FT86':

[Gambas:Video 20detik]

City Car Melempem, Sirion Harus Saingan dengan LCGC
(rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed