Rabu, 05 Des 2018 15:21 WIB

Tesla Model X Mirip Punya Bamsoet Mejeng di BPPT

Luthfi Anshori - detikOto
Tesla Model X Foto: Rifkianto Nugroho Tesla Model X Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Mobil listrik Amerika Serikat, Tesla Model X jadi salah satu kendaraan listrik yang mendukung acara peluncuran Stasiun Pengisian Listrik atau Electric Vehicle Charging Station (EVCS) oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Rabu (5/12/2018), di kantor BPPT, Jakarta Pusat.



Sekadar informasi, SUV tersebut dibawa oleh importir umum mobil-mobil mewah Prestige Image Motorcars. Mobil listrik berharga sekitar Rp 2,7 miliar ini punya banyak fitur canggih, seperti sistem autopilot, hingga pencegah tabrakan dan juga pengereman otomatis. Lampu depan juga sepenuhnya sudah LED.

Dari eksterior, Tesla Model X dilengkapi material aluminium ringan, namun dengan kekuatan tinggi dan juga beberapa elemen baja. Kaca depan juga bisa memblok dari sinar UV dan sinar infra merah. Gagang pintu tak lagi ditarik hanya cukup ditekan saja tombol berbentuk garis yang terpampang di pintu maka otomatis terbuka. Kaca depannya tak terdapat frame. Pelek berukuran 20 inci.



Pintu di baris kedua Tesla Model X pun terbuka ke atas yang bertujuan tetap bisa terbuka meski di jarak sempit sekalipun. Pintu Falcon Wing mempermudah keluar masuk penumpang di tempat yang sempit.

Sementara untuk bagian interior, Tesla Model X bisa disesuaikan dengan keinginan si pemiliknya. Mulai dari jok kulit, nuansa kayu, dan juga serat karbon. Jumlah kursinya pun bisa disesuaikan mulai dari 5, 6, atau bahkan untuk diisi 7 penumpang.



Untuk penumpang Tesla Model X yang duduk di baris paling akhir misalnya tak perlu melipat-lipat kursi saat keluar masuk, hanya perlu menekan tombol kursi akan otomatis maju dan mundur dengan sendirinya.

Di dashboard, Tesla Model X juga tersedia layar multimedia berukuran 17 inch lebih besar dari layar mobil pada umumnya. Sudah dilengkapi juga dengan teknologi Bluetooth wireless agar si pengendara bisa menelepon tanpa perlu kerepotan memegang ponselnya.

Tesla Model X ini juga telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih sebut saja fitur Autopilot. Namun fitur ini berbeda dengan yang disebut mobil otonom. Dengan fitur Autopilot memang mobil bisa berjalan sendiri namun si pengendara harus tetap di belakang kemudi agar pengendara tetap aman.

Agar lebih efisien dan memaksimalkan traksi, Tesla Model X sudah dilengkapi Electric All-Wheel Drive. Beberapa unsur keamanan juga sudah disematkan seperti pencegah tabrakan dam juga pengereman otomatis. Terdapat juga empat titik Isofix untuk anak-anak.


Tesla Model X Mirip Punya Bamsoet Mejeng di BPPT


(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed