Kamis, 29 Nov 2018 12:34 WIB

Keren, Ada Ban Lokal yang Bisa Hemat BBM!

Rizki Pratama - detikOto
Ban FDR yang diklaim bisa hemat BBM. Foto: Rizki Pratama Ban FDR yang diklaim bisa hemat BBM. Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Para akademisi dan peneliti Indonesia terus melakukan inovasi untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada kendaraan. Riset mengenai hal tersebut sudah dilakukan tidak hanya dari pihak akademisi, namun juga produsen kendaraan dan spare part, seperti ban FDR sudah menaruh perhatian pada teknologi hemat energi.

Salah satu dukungan yang diberikan FDR adalah turut mendukung Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2018 di Universitas Negeri Padang (UNP) untuk penyelenggara dan peserta.


"Ini adalah tahun ketiga FDR mensponsori Kontes Mobil Hemat Energi dan tahun ini kami hadir dengan inovasi baru untuk ban berteknologi hemat bahan bakar, yaitu ban prototype radial," kata Elsafan Rendianto, promotion department PT Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) selaku produsen ban FDR dalam siaran pers.

Pemiliki PT Hasta Raya Sumbar yang menjadi penyalur ban FDR di Sumbar, Herry Alizar juga menambahkan diadakannya even nasional di Sumatera Barat juga membangkitkan pariwisata daerah tersebut.

"Kita senang juga selain membantu dan turut serta mengembangkan teknologi, untuk pertama kalinya di luar pulau Jawa KMHE dilaksanakan di sini, kegiatan ini juga meningkatkan pariwisata di sini."

FDR menyuplai 140 ban prototype dengan kembangan Sport MP27 untuk kelas urban dan 20 ban prototype radial untuk prototype. Dukungan untuk ban ini juga bertujuan sebagai tahan research dan development FDR untuk inovasi ke depannya.


"Ini bannya khusus untuk kontes ini saja, bannya pun nanti akan dikembalikan karena supaya racikannya tidak dicontek," ungkap Hery.

Sebelumnya, FDR telah mendukung tim Indonesia dalam kompetisi kendaraan hemat energi tingkat Asia bahkan Dunia dengan menyediakan ban-ban prototype yang juga khusus dibuat untuk kompetisi tesebut. (rip/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com