Selasa, 27 Nov 2018 08:58 WIB

Diuji Tabrak, Toyota Jadi Merek yang Paling Banyak Dapat Bintang

Rizki Pratama - detikOto
Crash test Toyota Agya. Foto: ASEAN NCAP Crash test Toyota Agya. Foto: ASEAN NCAP
Jakarta - Setiap mobil yang baru diproduksi dan bakal dijual di pasaran pastinya melakoni serangkaian uji. Uji tersebut sengaja dilakukan untuk memastikan kendaraan aman dipakai sang pemilik mobil.

Salah satu uji yang dilakoni kendaraan adalah uji tabrak alias crash test. Mobil-mobil dibawa ke sebuah laboratorium, kemudian dijalankan di atas rel dengan kecepatan tertentu hingga menabrak sebuah bidang.


Nantinya diketahui apakah mobil itu cukup melindungi sang pengendara juga penumpang di dalamnya. Merek yang cukup konsisten mendapatkan hasil baik dalam uji tabrak adalah Toyota.

Seperti uji tabrak yang dilakukan oleh lembaga pemeringkat ASEAN New Car Assessment Program (NCAP), Toyota konsisten mendapat lima bintang di beberapa modelnya.

Dalam siaran pers yang diterima detikOto, Toyota diganjar penghargaan sebagai The Most 5-Star Brand (2017-2018) oleh ASEAN NCAP. Selain itu ada juga penghargaan lain yang diberikan kepada beberapa merek.


Penghargaan tersebut terbagi dalam 2 kategori besar untuk penilaian mobil, Best Safety Performance dan Excelent Award. Pada kategori Best Safety Performance terdapat 4 subkategori penghargaan, diantaranya Adult Occupation Protection (AOP) yang dimenangkan Toyota CH-R, Child Occupation Protection (COP) diraih oleh Honda CR-V, Safety Assist untuk Hyundai IONIQ Hybrid yang juga memenangkan Subkategori Overall.


Pada kategori Excelent Award, ada 3 subkategori pemenang. Subkategori pertama adalah Continuous Safety Improvement yang diraih Perodua Myvi, Toyota Vios, dan Toyota Rush. Selanjutya pada subkategori Consisten 5-Star dimenangkan Honda CR-V.

ASEAN NCAP Lembaga yang bertujuan untuk meningkatkan standar keamanan dan kesadaran konsumen agar bisa mendorong produksi mobil yang lebih aman di kawasan Asia Tenggara. Ini Merupakan kerja sama antara MIROS dan Global NCAP yang mendanai proyek uji coba.


ASEAN NCAP juga didukung oleh Automobile Association Malaysia (AAM), Automobile Association Philipina (AAP), Automobile Association Singapura, Automobile Association Camboja (AAC) dan Automobile Association Thailand (AAT).

Terakhir pada kuartal ketiga tahun 2018, ASEAN NCAP melakukan uji tabrak terhadap empat model mobil. Ini juga merupakan uji tabrak ke-4 pada tahun 2018. Model yang diuji pada kuartal ketiga ini antara lain Suzuki Swift baru, Proton X70, Wuling Confero dan Tata Super Ace. (dry/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com