Jumat, 23 Nov 2018 08:03 WIB

Uji Tabrak ASEAN NCAP, Wuling Confero Diganjar Bintang 1

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Dok. ASEAN NCAP Foto: Dok. ASEAN NCAP
Jakarta - ASEAN NCAP (New Car Assesment Program) telah mengeluarkan hasil uji tabrak untuk Wuling Confero, Proton X70, dan mobik pikap TATA Super Ace. Lembaga pemeringkatan keselamatan ini memberikan Bintang 5 untuk Proton X70, bintang 1 untuk Wuling Confero, dan Pikap TATA Super Ace tidak mendapatkan bintang pada uji tabrak tersebut.

Uji tabrak ASEAN NCAP secara garis besar terbagi dalam 3 kategori, yaitu Adult Occupant Protection, Child Occupan Protection, dan Safety Assist. Untuk arah tabrakan dilakukan dari sisi depan dan samping.



Wuling Confero

Setelah melewati uji tabrak ASEAN NCAP, Wuling Confero mungkin cukup mengecewakan dalam hasil yang mereka dapat. Mobil tersebut hanya mendapatkan satu bintang dari maskimal 5 bintang, tentu ASEAN NCAP punya jawabannya.

Dinilai dengan cara yang sama seperti mobil-mobil yang sudah diuji tabrak sebelumnya, MPV buatan China ini mendapat nilai nol untuk perlindungan penumpang dewasa dan perlindungan kepala penumpang. Untuk tabrakan samping Wuling Confero mendapatkan nilai yang bagus 14,64 dari maksimal 16. Tidak mendapatkan nilai di dua indikator, total nilai dari hasil uji tabrak pada penumpang dewasa pada Wuling Confero hanya 14,64.

Uji tabrak Wuling Confero. Uji tabrak Wuling Confero. Foto: Dok. ASEAN NCAP


Untuk penumpang anak-anak dalam uji tabrak Wuling Confero tidak seburuk pada penumpang dewasa dengan total skor 21,66 dari total 49. Safety Assist pun juga mendapatkan nilai yang buruk hanya mendapatkan nilai 4 dari maksimal 18. Pada penilaian ini Wuling Confero tidak mendapatkan nilai dari Blind Spot Techonoloy dan Safety Assist Technology.

Wuling Confero adalah model pertama di bawah merek Wuling yang diuji oleh ASEAN NCAP. MVP ini dilengkapi dengan Seatbelt Reminder System untuk pengemudi dan penumpang depan sebagai standar di seluruh varian. Meskipun Electronic Stability Control tidak tersedia dalam varian apa pun, Anti-lock Braking System menjadi paket opsional dalam pembelian Wuling Confero. Dengan skor keseluruhan 36,94 poin, Wuling Confero mendapatkan satu bintang dari ASEAN NCAP.



Proton X70

SUV asal Malaysia, Proton X70 mendapatkan hasil terbaik dalam uji tabrak ASEAN NCAP. Untuk penumpang dewasa Proton X70 diberikan nilai 15,27 dari nilai maksimal 16. Pada tabrakan dari samping, Proton X70 mendapatkan nilai maksimal 16. Nilai maksimal juga diraih pada perlindungan kepala dengan nilai 4 yang merupakan skor tertinggi untuk bagian tersebut.

Kompartemen penumpang dari kendaraan tetap stabil di tabrakan depan. Data dari boneka percobaan menunjukkan kendaraan yang diuji sudah memberikan perlindungan bagus ke penumpang depan dan pengemudi. Sedangkan dada pengemudi, kaki bagian bawah dan pergelangan kaki mendapatkan perlindungan yang cukup.

Proton X70. Proton X70. Foto: Dok. ASEAN NCAP


Kinerja Head Protection Technology (HPT) telah dikonfirmasi dengan tes tambahan dengan skor yang ditentukan berdasarkan Fitment Sistem Pemeringkatan (FRS).

Perlindungan terhadap penumpang anak-anak juga mendapatkan nilai yang hampir sempurna. Dari total nilai terbaik 49, Proton X70 mampu menorehkan angka 40,78. Untuk nilai Safety Assist mendapatkan total skor 14 dari maksimal 18. Penilaian safety Assist meliputi Effective Braking & Avoidance, Seatbelt Reminder, Blind Spot Technology, dan Advance SATs.

Proton X70 adalah SUV pertama yang diproduksi oleh Proton dan yang terbaru dari modelnya yang menjalani pengujian ASEAN NCAP. X70 hadir dengan enam airbag sebagai standar. Proton melengkapi SUV ini dengan beberapa fitur aktif keselamatan sebagai standar seperti Electronic Stability Control dan Seatbelt Reminder System untuk penumpang di barisan bangku depan. Selain itu, X70 juga menawarkan Advanced Safety Assist Technologies. Dengan skor keseluruhan 89,24 poin, Proton X70 telah berhasil memperoleh 5 bintang dari ASEAN NCAP.



TATA Super Ace

Selain mobil penumpang, mobil komersial jenis pikap juga diuji oleh ASEAN NCAP. Perbedaan pengujian hanya tidak adanya penilaian terhadap penumpang anak-anak pada mobil ini.

Setelah melewati serangkaian uji tabrak, TATA Super Ace tidak mendapatkan bintang sama sekali. Untuk tabrakan dari depan dan perlindungan kepala mendapatkan nilai 0, sedangkan tabrakan dari samping 10,34 dari total maksimal 16. Dengan rincian tersebut, nilai total uji tabrak penumpang dewasa hanya 10,34 dari nilai maksimal 36.

Uji tabrak Pikap Tata Super Ace. Uji tabrak Pikap Tata Super Ace. Foto: Dok. ASEAN NCAP


Dalam uji dampak depan, berpotensi menderita luka parah pada seluruh tubuh. Penumpang depan hanya memiliki marjinal perlindungan ke dadanya dengan kemungkinan cedera serius pada kaki bagian bawah. Hasil tes dummy dari tabrakan samping menunjukkan lemahnya perlindungan terhadap kepala pengemudi. Pada Safety Assist Tata Super Ace tidak mendapatkan nilai sama sekali.

Ini adalah model Tata kedua yang menjalani uji tabrak di ASEAN NCAP. Sebelumnya Tata Vista pernah diuji pada tahun 2014 yang memperoleh 3 bintang untuk Adult Occupant Protection (AOP) dan Child Occupant Protection (COP). Super Ace yang diuji di bawah penilaian saat ini tidak dilengkapi dengan airbag, Electronic Stability Control, ABS dan Seatbelt Reminder System. Dikarenakan Tata Super Ace adalah kendaraan single cab, ASEAN NCAP tidak melakukan penilaian perlindungan penumpang anak. Oleh karena itu, skor keseluruhan dari 19,15 poin hanya dikontribusikan oleh poin dari penilaian di bawah kategori perlindungan penumpang dewasa. Berdasarkan skor ini, Tata Super Ace tidak mendapatkan bintang dalam rangkaian uji tabrak ASEAN NCAP.




Tonton juga 'Rupa-rupa Fitur SUV Wuling yang Keren Abis!':


Uji Tabrak ASEAN NCAP, Wuling Confero Diganjar Bintang 1
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com