Kamis, 22 Nov 2018 18:08 WIB

Bukan MPV Seperti Avanza, Mobil Paling Laku di Dunia adalah SUV

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Toyota RAV4, salah satu SUV terlaris di dunia. Foto: Toyota
Jakarta - Jenis mobil yang paling laku di dunia bukan MPV seperti Avanza atau Xpander. Masyarakat global mulai mengidam-idamkan kendaraan jenis sport utility vehicle (SUV).

Tren ini sebenarnya sudah berlaku di tahun lalu juga. Segmen SUV mendobrak segmen lainnya yang sudah mendominasi sebelumnya.

Menurut data yang disajikan JATO dari 56 pasar otomotif dunia, pada paruh pertama 2018 SUV sangat mendominasi. Kini, hampir 36 persen dari penjualan mobil penumpang di dunia adalah SUV. Seperti diberitakan sebelumnya, penjualan mobil di dunia mencapai 44,03 juta unit.



Hampir 15 juta unit SUV terjual di dunia selama enam bulan pertama tahun 2018. Angka itu naik 14 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Kenaikan penjualan SUV itu didukung oleh peningkatan di 10 dari 11 wilayah utama. SUV sangat populer di Amerika Seriat, China, dan Rusia.

Meski begitu, negara-negara seperti Amerika Latin, Jepang, dan India penjualan SUV-nya tidak sebesar segmen lainnya. Ini menunjukkan bahwa SUV masih memiliki potensi pertumbuhan di pasar utama tersebut.



Naiknya segmen SUV juga sangat terasa pada penjualan penuh tahun 2017. Selama 2017, sebanyak 27,85 juta mobil baru jenis SUV tersebar di Planet Bumi. Angka itu naik 12,7 persen dibanding 2016.

Peningkatan tersebut mengkonfirmasi bahwa segmen SUV semakin booming. Sementara segmen tradisional seperti sedan, station wagon, dan hatchback, disebut menghadapi tahun yang sulit selama 2017.




Tonton juga 'BMW X2, SUV Limited Seharga Rp 838 Juta':

[Gambas:Video 20detik]



Bukan MPV Seperti Avanza, Mobil Paling Laku di Dunia adalah SUV
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com