Senin, 19 Nov 2018 09:41 WIB

Avanza Salip Xpander Lagi, Ini Kata Toyota

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Avanza. Foto: Dadan Kuswaraharja Toyota Avanza. Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Toyota Avanza kembali menjadi raja mobil terlaris se-Indonesia. Avanza mengasapi sang rival utama Xpander yang sejak Februari 2018 terus memimpin sebagai mobil terlaris di Tanah Air.

Avanza sempat menyalip Xpander pada bulan Juni. Namun tak bertahan lama, bulan-bulan berikutnya kembaran Xenia itu luluh oleh Xpander.


Pada Oktober 2018, penjualan Avanza cukup melonjak signifikan. Jika sebelumnya terjual 9.519 unit naik dari sebelumnya 6.151 unit. Toyota sendiri menyebut pada bulan kesepuluh tahun 2018 permintaan akan Avanza memang cukup banyak.

"Kebetulan permintaan naik stabil dari bulan ke bulan, sehingga kami berani meminta pabrikan untuk menambah produksinya," ungkap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto saat dihubungi detikOto, Senin (19/11/2018).


Secara keseluruhan sepanjang 2018 ini, Xpander memang tercatat masih kalah unggul dibandingkan Avanza. Kalau ditotal seluruh model Avanza telah terjual sebanyak 67.940 unit.

Sedangkan Xpander, yang dalam data Gaikindo memiliki delapan model hanya menjual sebanyak 66.125 unit. Xpander memang menjadi primadona sejak kehadiran pertama Agustus 2017. Bagaimana tidak, MPV lain pesaing Avanza belum ada yang bisa mencatat penjualan melebihi Avanza per bulannya.

Avanza kala itu hanya kalah satu kali yakni dengan sang adik Calya. Namun itu tak bertahan lama, Avanza kemudian kembali mengambil posisi teratas penjualan mobil di Indonesia.



Tonton juga 'Wah! Ternyata Avanza Bisa Buat Berkemah':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed