Jumat, 16 Nov 2018 13:44 WIB

Crash Test

Mau Beli Mobil LCGC? Perhatikan Dulu Uji Tabraknya

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: ASEAN NCAP Foto: ASEAN NCAP
Jakarta - Berkat harga yang murah, mobil di kelas Low Cost and Green Car (LCGC) menjadi banyak pilihan orang Indonesia. Tapi meski relatif murah, Anda sebaiknya memperhatikan fitur keamanan mobil.



Jadi sebelum membeli mobil LCGC, ada baiknya Anda melihat hasil uji tabrak atau crash test pada beberapa mobil LCGC yang dilakukan oleh ASEAN NCAP.

1. Toyota Agya

Crash Test AgyaCrash Test Agya Foto: ASEAN NCAP


LCGC Toyota ini cukup banyak dipakai orang di jalanan. Hasil uji tabrak Agya dilakukan pada September 2015 dan hasilnya cukup oke. Mobil diberi rating 4 bintang baik untuk perlindungan orang dewasa maupun anak kecil. Rating 4 bintang itu didapatkan Agya meski mobil tidak memiliki fitur pengaman seperti Electronic Stability Control (ESC) dan pengingat sabuk pengaman atau seat belt reminder (SBR).

[Gambas:Youtube]




2. Daihatsu Ayla

Daihatsu AylaDaihatsu Ayla Foto: ASEAN NCAP


Sayang tidak seperti saudaranya, Daihatsu Ayla hanya memiliki rating 1 bintang untuk perlindungan orang dewasa, mobil baru mendapatkan rating 2 bintang untuk anak kecil. Itu untuk mobil yang tidak memiliki airbag.

Untuk Ayla yang memiliki airbag, mobil mengalami kenaikan rating signifikan menjadi bintang 4 untuk perlindungan orang dewasa dan bintang 3 untuk perlindungan anak kecil.

[Gambas:Youtube]

3. Datsun GO

Crash test Datsun GOCrash test Datsun GO Foto: ASEAN NCAP


Beralih ke kompetitornya, Datsun GO tipe hatchback yang dites oleh ASEAN NCAP memberikan rating 2 bintang baik untuk perlindungan orang dewasa maupun anak-anak.

Mobil yang dites merupakan Datsun GO yang dilengkapi dengan 2 airbag namun tanpa fitur ESC dan seat belt reminder.

[Gambas:Youtube]


Dari video pengetesan 3 mobil LCGC terlihat, meski bagian depan mobil remuk, namun secara keseluruhan struktur kendaraan yang melindungi kabin penumpang tidak mengalami kerusakan berarti. Itu memang yang diinginkan dalam uji tabrak.

Sayangnya karena ada model mobil yang tidak menggunakan airbag, perlindungan kepala pengemudi dan penumpang di sampingnya menjadi tidak maksimal. Rating pun bisa turun drastis jika tidak menggunakan airbag. ASEAN NCAP belum memperlihatkan hasil uji tabrak mobil LCGC lainnya.




Tonton juga 'Suzuki Jimny 'Bertekuk Lutut' Saat Crash test':

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed