Jumat, 16 Nov 2018 07:34 WIB

Crash Test

Ini Hasil Uji Tabrak Mobil Wuling Varian Terendah

Dina Rayanti, Dadan Kuswaraharja - detikOto
Wuling Confero saat diuji tabrak dari depan atau Frontal Offset Crash Test (Foto: Dadan Kuswaraharja) Wuling Confero saat diuji tabrak dari depan atau Frontal Offset Crash Test (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Karawang/Jakarta - Lembaga pemeringkat keselamatan ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) telah melakukan uji tabrak terhadap mobil-mobil yang dijual di ASEAN. Salah satunya adalah mobil merek China Wuling Confero.

Dalam Vehicle Safety Course yang diadakan oleh ASEAN NCAP, Technical Lab Crash Specialist ASEAN NCAP Yahaya Ahmad menunjukkan video hasil uji tabrak mobil Wuling Confero. Mobil yang dites merupakan varian terendah yang tidak memiliki airbag atau kantung udara.
Rating Bintang 1 untuk Wuling Confero varian terendahRating Bintang 1 untuk Wuling Confero varian terendah Foto: Dadan Kuswaraharja

Dari hasil tes tersebut, Confero mendapat hasil yang kurang baik. Biasanya mobil disebut aman jika mendapat lima bintang dari uji tabrak, sedangkan Confero hanya tercatat satu bintang saja.

Wuling senasib dengan Daihatsu Sigra yang juga mendapatkan rating satu bintang untuk perlindungan orang dewasa. Baik Confero dan Sigra yang dites sama-sama tidak memiliki airbag. Begitu dipasangi airbag, Sigra langsung dapat rating 4 bintang untuk keselamatannya.

Video Crash Test Daihatsu Sigra

[Gambas:Youtube]



"Ini hasil crash test terbaru kami, bulan November ditesnya," ujarnya di Hotel Batiqa, Karawang, Jawa Barat.

Mobil Wuling menurut Yahaya dibeli ASEAN NCAP setelah melihat mobil dalam pameran di Indonesia.

Namun ASEAN NCAP belum memberikan data lengkap mengenai hasil crash testnya. Mereka berjanji akan merilis hasil lengkapnya 15 November, namun hingga berita ini ditulis Jumat (16/11/2018), belum ada video pengetesan tabrak yang ditampilkan di situs ASEAN NCAP.



Dalam kesempatan terpisah, produsen Wuling pun mengaku belum menerima hasil crash test terbaru mobil mereka.

"Secara official saya belum tahu karena hasil ASEAN NCAP itu belum diinfokan. Tapi yang jelas saat kita develop Confero kami sudah memastikan memenuhi standar keselamatan dan regulasi pemerintah," terang Brand Managers Wuling Motor Indonesia Dian Asmahani kepada detikOto.

Dian juga menambahkan, Confero yang melewati uji tabrak tersebut merupakan varian terendah.

"Itu varian paling bawah yang diuji, airbag memang belum ada tapi sudah dilengkapi Isofix. seat belt reminder. Tapi itu sudah sesuai regulasi pemerintah. Kalau varian yang paling atas banyak banget (fitur keamanannya)," kata Dian.

Wuling memang menawarkan Confero dalam beberapa varian, yakni Confero, Confero S 1.5 C, Confero S 1.5 C Lux, dan Confero S 1.5 C Lux+. Memang tidak semua varian disematkan fitur airbag. Airbag terpasang pada model-model Confero S.



"Confero S itu udah ada kok airbagnya dua, cuma kalau yang Confero biasa belum ada airbag," ungkap Dian.

"Kalau untuk penambahan fitur (airbag) yang jelas komitmen Wuling itu yang paling penting keselamatan konsumen. Jadi nggak menutup kemungkinan juga ya," tutup Dian.




Tonton juga 'Swift Made in India Lemah dalam Crash Test':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed