Kamis, 15 Nov 2018 18:04 WIB

APM Sempat Terperangah Saat Mobil Mereka Diuji Tabrak

Luthfiana Awaluddin - detikOto
Crash Test Mitsubishi Pajero Sport (Foto: ASEAN NCAP) Crash Test Mitsubishi Pajero Sport (Foto: ASEAN NCAP)
Karawang - Sejak 2011 lalu, masyarakat Indonesia bisa melihat mana mobil yang lebih aman berkat aneka uji tabrak yang diadakan oleh ASEAN New Car Assessment Program (NCAP).

Perwakilan produsen mobil atau Agen Pemegang Merek (APM) pun sempat dibuat terperangah ketika mobil produksi mereka diuji tabrak. Dalam pantauan detikOto, para perwakilan pabrik mobil terperangah saat John Hafiz dari ASEAN NCAP membeberkan video berbagai hasil tes kecelakaan pada puluhan merek dan jenis kendaraan di crash lab atau laboratorium kecelakaan mereka di Malaysia.



Berbagai mobil dengan kecepatan tinggi sengaja dibenturkan di bagian depan, samping, dan belakang. "Diuji sejauh mana fitur keamanan melindungi pengemudi saat kecelakaan depan atau samping," kata Sigit Santosa konsultan teknis ASEAN NCAP dari Indonesia di Hotel Mercure, Karawang, Kamis (15/11/2018).

Hasil tes tersebut, kata Sigit lalu diumumkan ke publik. Alhasil konsumen punya gambaran fitur keamanan sebelum membeli mobil impian mereka. "Ini bukan merendahkan produsen mobil, tapi target akhirnya memenangkan konsumen," kata peneliti dari ITB itu.

Meski begitu, kata Sigit para agen pemegang merek kendaraan (APM) di Indonesia seperti Toyota, Daihatsu, Honda, Mitsubishi dan Nissan antuaias menghadiri helatan itu. "Walaupun pemerintah belum mengeluarkan regulasi, paling tidak industri manufaktur sudah mendukung dan memberikan berbagai fitur keamanan di produk mereka seperti airbag atau sabuk pengaman," ujarnya.

"Manufaktur diharap bisa mengupgrade berbagai fitur keselamatan dalam prodak mereka," imbuh Secretary General ASEAN NCAP, Khairil Anwar Abu Kassim.



ASEAN NCAP selama beberapa hari terakhir sudah menggelar Vehicle Safety Course dengan peserta dari kalangan pemerintah, APM, jurnalis. Sejumlah pakar sistem keamanan kendaraan (safety vehicle) dari berbagai negada Asia Tenggara termasuk Indonesia mengupas berbagai isu kecelakaan lalu lintas di hadapan perwakilan produsen kendaraan di Karawang.

Kemudian sejumlah produsen kendaraan menampilkan beragam teknologi keselamatan di Proving Ground Bridgestone, Karawang.

(bbn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed