Kamis, 15 Nov 2018 14:01 WIB

Crash Test

Adu Tabrak Mobil SUV Seperti CR-V, Rush, Mana yang Paling Oke?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: ASEAN NCAP Foto: ASEAN NCAP
Karawang - Selain mobil-mobil MPV, ASEAN New Car Assesment Program (NCAP) sudah mengetes tabrak (Crash Test) mobil-mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang beredar di Indonesia. Mobil yang dites rata-rata merupakan mobil yang populer.

Tidak seperti mobil-mobil Low MPV yang ada memberikan hasil yang jelek, rata-rata mobil SUV yang dijual di Indonesia sudah mendapatkan rating yang bagus dalam tes tabrak.



Tak menunggu lama, berikut hasil crash test yang diadakan sejak 2017 lalu.

1. Honda CR-V

Foto Crash Test Honda CR-VFoto Crash Test Honda CR-V Foto: ASEAN NCAP
SUV andalan Honda ini rupanya memberikan hasil yang maksimal dalam uji tabrak. Mobil diberikan rating bintang 5. Dalam uji tabrak depan, mobil terbukti bisa melindungi baik pengendara dan penumpang dengan sempurna.

Dari data cedera yang diperoleh dari boneka crash test atau dummy, hanya kaki kiri pengendara saja yang kurang terlindungi. Sementara saat ditabrak dari samping, mobil memberikan perlindungan yang maksimal pada kepala, leher dan tubuh bagian atas.

CR-V yang dites merupakan varian 2.4 liter dengan airbag sebanyak 7 buah.

[Gambas:Youtube]




2. Toyota Rush

Crash Test Toyota RushCrash Test Toyota Rush Foto: ASEAN NCAP


Seperti halnya Honda CR-V, varian G Toyota Rush yang dites tabrak oleh ASEAN NCAP juga mendapatkan hasil yang gemilang. Mobil mendapatkan rating bintang 5. Kepala dan lutut pengendara mendapatkan perlindungan sempurna pada crash test. Meski ada kemungkinan si pengendara bisa mendapatkan cedera pada bagian dada dan kaki bagian bawah.

Sementara dari pembacaan data dummy untuk penumpang, mobil kurang memberikan perlindungan pada bagian dada dan kaki kanan bagian bawah.

Mobil bisa mendapatkan hasil sempurna karena memiliki 6 airbag, seat belt dengan pretensioner.

[Gambas:Youtube]


3. Suzuki SX4 S-Cross

Adu Tabrak Mobil SUV Seperti CR-V, Rush, Mana yang Paling Oke?Foto: ASEAN NCAP


Mobil Suzuki S-Cross yang dites merupakan model lama yang dites bulan Februari 2015. Jadi ASEAN NCAP masih memberikan 2 jenis rating untuk perlindungan orang dewasa dan anak-anak. Mobil memberikan hasil yang oke untuk perlindungan dewasa dengan rating 5 bintang, sementara untuk anak-anak mobil mendapatkan rating bintang 4.

[Gambas:Youtube]



4. Mitsubishi Pajero Sport

Crash test Pajero SportCrash test Pajero Sport Foto: ASEAN NCAP


Mobil dites pada tahun 2016 lalu, dan memberikan hasil rating 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa. Namun untuk perlindungan anak-anak mobil hanya mampu memberikan bintang 4.

Pajero Sport yang dites merupakan tipe yang dilengkapi Electronic Stability Control dan seat belt reminder untuk driver dan penumpang.

[Gambas:Youtube]



5. Honda HR-V

Crash Test Honda HR-VCrash Test Honda HR-V Foto: ASEAN NCAP


Honda HR-V juga memberikan hasil yang bagus pada crash test. Mobil mendapatkan rating 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa dan bintang 4 untuk perlindungan anak-anak.

Honda HR-V yang dites merupakan tipe yang dilengkapi Electronic Stability Control dan seat belt reminder untuk driver dan penumpang.

[Gambas:Youtube]



6. Honda BR-V

Crash Test Honda BR-VCrash Test Honda BR-V Foto: ASEAN NCAP


Sama seperti Honda HR-V, BR-V mendapatkan rating 5 bintang untuk perlindungan orang dewasa dan bintang 4 untuk perlindungan anak-anak. Mobil dites tabrak pada bulan Februari 2016 lalu. Varian yang dites adalah varian E. Namun ada juga tipe mobil yang mendapatkan rating bintang 4 untuk perlindungan dewasa karena tidak dilengkapi dengan fitur ESC.

[Gambas:Youtube]



(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya