Senin, 12 Nov 2018 19:01 WIB

Mahasiswa RI Buat Mobil Listrik, Jangan Sekadar untuk Lomba

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menjadi sebuah kebanggaan rakyat Indonesia, ketika mendengar nama mobil listrik BLITS dan Kasuari. Soalnya mobil listrik tersebut merupakan besutan karya anak bangsa yang saat ini tengah diuji keliling Indonesia dengan jarak sejauh 15.000 km.

Bagi para mahasiswa lain yang hendak membuat mobil listrik, Project Leader BLITS, Yoga Uta Nugraha mengatakan saat ini sebenarnya sudah banyak perlombaan mobil listrik antar-mahasiswa. Hal tersebut, kata Uta, sudah bisa merupakan awal yang bagus.



"Sebenarnya saya lihat sudah cukup banyak karena ada beberapa perlombaan mobil listrik di Indonesia, tapi masalahnya adalah ketika mahasiswa sudah lulus, seolah-olah itu selesai," ungkap pria kelahiran tahun 1992 ini.

"Akhirnya yang terjadi adalah ya sudah mobil itu cuma buat lomba selesai sudah, lebih menarik ketika itu dilakukan reverse engineering, mungkin komponen yang dibeli di luar negeri dibongkar saja, dilihat apa yang bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan Anda," kata Uta.



Menurut Uta, setelah mengikuti perlombaan mobil listrik masih bisa dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Itu kan menjadi sebuah nilai lebih, sehingga benar-benar mengerti apa yang ada di dalamnya, nanti ketika diturunkan ke adik kelas menjadi sebuah tugas akhir atau tesis, itu kan menjadi hal-hal yang lebih menarik sehingga kita punya penguatan di bidang engineering," kata Uta. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed