Jumat, 09 Nov 2018 14:44 WIB

Sandiaga Bangga Kalau Jadi Pembeli Pertama Esemka

Mochamad Zhacky - detikOto
Pikap Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto Pikap Esemka di Boyolali. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Cawapres Sandiaga Uno mendukung mobil Esemka menjadi mobil nasional. Sandiaga berjanji akan menjadi pembeli pertama mobil Esemka.

"Saya melihat, kalau bicara mengenai mobil nasional, selalu romantis. Keinginan punya mobil nasional dan setiap negara punya kebanggaan, punya mobil nasional. Kalau mobil Esemka itu keluar, saya adalah salah satu yang jadi pembeli pertama," kata Sandiaga dalam dalam diskusi tentang impor di media center Prabowo-Sandiaga, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).


Menurut Sandiaga, mendukung hasil produksi dalam negeri merupakan bentuk keberpihakan. Mantan Wagub DKI itu ingin Indonesia memiliki industri yang memiliki nilai tambah yang besar.

"Buat saya, ini adalah bentuk keberpihakan. Tapi jangan dipolitisasi nih, ini suatu kebanggaan. Yang menjadi prioritas sekarang adalah membangun industri yang memiliki nilai tambah yang besar," ujar Sandiaga.

Esemka, yang digadang-gadang akan menjadi mobil nasional, dikabarkan sudah mulai diproduksi di pabriknya di Boyolali. Pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi, yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, disebut-sebut untuk perakitan mobil Esemka.

Kabar soal Esemka memang masih simpang siur. Terakhir diberitakan ada delapan model mobil yang bakal dirilis Esemka di Indonesia. Model mobil bervariasi mulai dari mobil penumpang berbentuk SUV hingga pikap.


Sayangnya hingga saat ini belum ada pihak dari PT SMK yang mau membuka suara terkait peluncuran mobil. Kabar Esemka justru berhembus dari Diaz Hendropriyono yang diketahui menjabat sebagai Staf Khusus Presiden.

"Arahan dari Pak Jokowi selalu menekan, memastikan Esemka benar-benar terwujud, karena itu kebanggaan beliau sejak jadi Walikota Solo. Ada beberapa investor lokal, yang di Solo juga ada. Ada satu perusahaan tapi ada beberapa investor. Dua sampai tiga investor," sebut Diaz di Jakarta beberapa waktu lalu.




Tonton juga 'Kenalan Sama Hatchback dan Digdaya Bikinan Esemka':

[Gambas:Video 20detik]



Sandiaga Bangga Kalau Jadi Pembeli Pertama Esemka
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed