Jumat, 09 Nov 2018 13:27 WIB

Sepak Terjang Mirage yang Penjualannya Bakal Disetop Mitsubishi

Dina Rayanti - detikOto
Mitsubishi Mirage. Foto: Mitsubishi Mitsubishi Mirage. Foto: Mitsubishi
Jakarta - Sebelum datang mobil-mobil mungil di segmen Low Cost Green Car (LCGC), city car cukup diminati masyarakat Indonesia. Seiring dengan diluncurkannya mobil LCGC pamor city car kian menurun.

Contohnya Mitsubishi Mirage. Sempat merasakan manisnya berjualan di Indonesia, penjualan Mirage cenderung menurun. Saat pertama kali diluncurkan tahun 2012, Mirage menjual 3.163 unitnya seperti tercantum dalam data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Mitsubishi Global Small Concept dipamerkan di IIMS 2011. Mobil konsep yang akan menjadi cikal bakal Mitsubishi Mirage.Mitsubishi Global Small Concept dipamerkan di IIMS 2011. Mobil konsep yang akan menjadi cikal bakal Mitsubishi Mirage. Foto: Syubhan Akib



Puncaknya tahun 2015, Mirage tercatat menjual 6.551 unit mobil di Tanah Air. Sedangkan pada tahun 2017, penjualan Mirage tercatat hanya 1.674 saja. Dari tujuh model LCGC yang ada di Indonesia penjualan terendah ada pada Suzuki Karimun Wagon R.

Namun penjualan Wagon R masih lebih tinggi dari Mirage tahun 2017 yakni 5.408 unit. Wagon R dibanderol dengan harga mulai Rp 107,5 juta. Harga itu jauh kalau dibandingkan Mirage yang mencapai Rp 173 juta.


Harga yang lebih murah barangkali menggiurkan bagi orang Indonesia untuk beralih ke mobil-mobil LCGC daripada harus membeli city car.

Harga city car ini memang hampir menyamai mobil MPV. Selain Mirage ada juga Nissan yang memiliki March seharga Rp 185,8 juta atau Honda Brio non LCGC dengan harga mulai RP 175 juta.

Sedangkan LCGC harganya masih berada di bawah city car yakni Rp 150 jutaan. Itupun varian tertingginya.




Hal ini membuat Mitsubishi kabarnya bakal menyetop penjualan Mirage di Indonesia.

"Karena pasar city car sudah terganggu dengan kehadiran LCGC yang sudah menawarkan 7 penumpang, dan ini sensitif dengan harga. Karena masyarakat lebih memilih untuk mengendarai LCGC dengan kapasitas 7 penumpang dibandingkan City Car, terlebih harga yang ditawarkan sama," ungkap Head of Sales and Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Imam Choeru Cahya.




Tonton juga 'e-Evolution Concept, Mobil Masa Depan dari Mitsubishi':

[Gambas:Video 20detik]




Sepak Terjang Mirage yang Penjualannya Bakal Disetop Mitsubishi
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed