Rabu, 07 Nov 2018 20:16 WIB

Selain Untuk Angkut Barang, Wuling Formo Cocok Jadi Taksi Online

Luthfi Anshori - detikOto
Wuling Formo saat diluncurkan di ITC Cempaka Mas (Foto: Luthfi Anshori) Wuling Formo saat diluncurkan di ITC Cempaka Mas (Foto: Luthfi Anshori)
Jakarta - Wuling Motors baru saja meluncurkan kendaraan jenis Light Commercial Vehicle (LCV) bernama Formo. Mobil bermesin 1.200 cc ini punya tiga tipe, yakni blind van, minibus 7 seater, dan minibus 8 seater. Tipe blind van cocok untuk pengusaha yang membutuhkan space besar untuk mengangkut barang. Sedangkan varian minibus dinilai cocok untuk bisnis antar jemput penumpang.

"Blind van jelas untuk mengangkut barang. Untuk yang minibus, cocok untuk pebisnis angkutan umum dan (taksi) online," kata Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani, di ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat (7/11/2018).



Wuling sendiri sebelumnya sudah membuka peluang untuk terjun ke pasar fleet, setelah pada Maret 2018 lalu produsen mobil asal China ini memenuhi pesanan pengusaha taksi konvensional, Express, memproses sebanyak 150-an unit.

Menurut Dian, saat ini Wuling masih melihat permintaan pasar atau demand terhadap ketiga tipe Formo. seater. "Fokus kami saat ini untuk yang blind van dan minibus 8 seater. Dan sudah ada beberapa permintaan dari pasar fleet," pungkas Dian tanpa merinci sudah berapa unit jumlah Formo yang dipesan.

Sebagai informasi, Wuling Formo dilengkapi mesin 1.200 cc berkonfigurasi 4 silinder. Sistem transmisinya manual 5 percepatan, dikombinasi dengan sistem penggerak roda belakang.
Mesin tersebut mampu menghasilkan power maksimum mencapai 77 dk di 5.600 rpm dan torsi puncak 110 Nm di rentang 3.600-4.600 rpm.

Sedang secara dimensi, Wuling Formo punya detail P x L x T, 4.493 x 1.691 x 1.715, dengan wheelbase 2.270 mm dan radius putar 5.400 mm. Sementara untuk daya tampung bahan bakar, sanggup dijejali bensin sebanyak 42 liter.

Dari segi fitur, Wuling Formo juga sudah dilengkapi Electric Power Steering (EPS), meter cluster MID, dan dilengkapi suspensi McPherson Strut Coil Spring di depan dan Coil Spring Semi Independent Suspension di belakang.

Interior Wuling FormoInterior Wuling Formo Foto: Luthfi Anshori


Untuk beda antara versi minibus dan blind van, ada di konfigurasi kursi dan detail eksterior. Versi blind van hanya pakai dua kursi, dan memiliki jendela penumpang yang gelap layaknya kendaraan komersial pada umumnya.

Sementara untuk Formo minibus, punya pilihan jumlah kursi dengan konfigurasi 7 atau 8 seater yang dilengkapi sabuk pengaman. Sayangnya, belum ada headrest di kursi penumpang maupun airbag di kursi depan.

Untuk harganya, Formo blind van dan minibus 8 seater dibanderol Rp 135,8 juta. Dan untuk Formo minibus 7 seater harganya Rp 136,8 juta.
Video: Wuling Formo

[Gambas:Video 20detik]




(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed