Rabu, 07 Nov 2018 17:38 WIB

Bermesin 1.200 cc, Mobil Baru Wuling Mobil LCGC?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]


Wuling Motors baru saja meluncurkan varian mobil terbarunya bernama Formo. Berbeda dengan sang kakak, Wuling Confero yang punya pilihan mesin 1.500 cc, Wuling Formo dibekali mesin 1.200 cc.

Nah, jika melihat Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau, Wuling Formo seharusnya bisa masuk dalam skema Low Cost and Green Car (LCGC) alias mobil murah dan ramah lingkungan.


Permenperin tersebut mengatur jenis kendaraan roda empat yang bisa masuk skema LCGC, yakni mobil yang memiliki kapasitas mesin antara 980-1200 cc.

Lalu bagaimana dengan Wuling Formo? Apakah mobil ini juga akan masuk ke segmen LCGC, mengingat kapasitas mesinnya 1.200 cc?

"Nggak (masuk LCGC) ya. Karena ini kan segmennya komersial, jadi beda. Ini berlaku untuk Formo minibus atau blind van. Itu semuanya masuk segmen Light Commercial Vehicle (LCV)," tegas Brand Manager Wuling Motors Dian Asmahani, di ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat (7/11/2018).

Segmen LCV sendiri dipilih Wuling karena merasa pasar ini cukup besar dan potensial.

"Potensinya dan marketnya cukup besar. Saat ini kita coba di segmen light, karena kita masih baru dan platform kita tidak memungkinkan untuk masuk pasar komersial yang lebih besar makanya kita masuk LCV dulu," pungkas Dian. (lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed