Sabtu, 03 Nov 2018 16:26 WIB

Berburu Diecast Jokowi-Prabowo di Indonesia Diecast Expo 2018

Rizki Pratama - detikOto
Indonesia Diecast Expo 2018 Foto: Rizki Pratama/detikOto Indonesia Diecast Expo 2018 Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - Menyambut Pilpres 2019, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan momen ini untuk memasarkan dagangannya. Sebagian dari mereka mendukung salah satu pasangan capres ada juga yang hanya sekedar ikut arus momen 5 tahun sekali ini.



Salah satu barang yang terkena demam pilpres adalah mobil mainan diecast, dengan corak masing-masing calon presiden Republik Indonesia periode 2019-2013 yakni Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi.

Mobil mainan yang kerap dijadikan koleksi ini terbuat dari logam ini memberikan corak masing-masing Calon Presiden Republik Indonesia 2019. "Kebetulan menyambut tahun politik, jadi sepertinya menarik untuk diproduksi dan dijual, ujar Herman yang menjual diecast pada Indonesia Diecast Expo (IDE) 2018.

Diecast Prabowo-SandiDiecast Prabowo-Sandi Foto: Rizki Pratama/detikOto


Herman yang bekerja mainan Vovo Toys mengatakan masing masing diecast dari kedua Capres tersebut masing-masing hanya diproduksi 15 unit saja. "Kami buat 30 saja. Jokowi-Ma'ruf 15 Diecast, Prabowo-Sandi 15 Diecast," ungkap Herman.



Diecast Capres RI 2019 ini dihadirkan dalam miniatur Mini Cooper didominasi putih dan merah dengan foto dan nomor urut mereka. Herman menambahkan kedua diecast Capres RI 2019 ini dijual dengan harga yang sama. "Keduanya kami jual dengan harga sama 150 ribu Rupiah."

Bagi anda yang menyukai koleksi diecast atau menjagokan salah satu capres, model ini patut menjadi bagian koleksi anda. Jika berminat bisa mengunjungi booth diecast IDE 2018 di Hall 8, Indonesia Convention Exhibiton (ICE) BSD, Tangerang Selatan.


Indonesia Diecast Expo 2018 Berskala Internasional

Indonesia Diecast Expo (IDE) menyelenggarakan event kelimanya tahun ini pada 3-4 November 2018. Acara ini dilaksanankan di hall 8, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang Selatan.

Indonesia Diecast Expo 2018Indonesia Diecast Expo 2018 Foto: Rizki Pratama/detikOto


"Tahun kelima penyelenggaraan IDE menjadi salah satu pembuktian betapa dunia diecast di Indonesia adalah hal yang bukan main-main," ujar Public Relation IDE 2018, Feldani Effendy.

"Dari pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014, total transaksi yang terjadi terus meningkat. Karena itulah kami optimis pada tahun 2018 ini pasar diecast akan terus membesar dan membuat kami memutuskan untuk pindah ke lokasi penyelenggaraan yang lebih besar dan menghadirkan tamu-tamu istimewa dari dunia diecast internasional," tambah Dani.



Selain menampilkan pelapak, komunitas dan kolektor diecast dari berbagai merek dan skala, The 5th Shopee IDE 2018 kali ini juga menampilkan kompetisi custom diecast. Bekerja sama dengan Indonesia Modification Expo (IMX) IDE kali ini mengadakan dua kelas custom competition, yaitu kelas Custom diecast Honda Civic Type R FK8 dengan skala 1:64 dari semua merk diecast serta kelas Best Pro yang mempertarungkan kompetisi custom diecast skala 1:64 untuk semua jenis merk.

Indonesia Diecast Expo 2018Indonesia Diecast Expo 2018 Foto: Rizki Pratama/detikOto


Khusus untuk kelas Custom Honda Civic Type-R, Pemenang akan diumumkan pada ajang IMX 2018 dengan menampilkan wujud asli hasil Custom diecast dalam skala 1:1. " Mewujudkan hasil custom sebuah diecast dalam wujud 1:1 menjadi apresiasi yang istimewa bagi para customizer diecast. Ini adalah untuk pertama kalinya dilakukan dan menjadi sebuah benang merah nyata bahwa dunia diecast dan otomotif adalah sebuah kesatuan," tegas Feldani

Sebagai sebuah tradisi yang dilakukan sejak IDE pertama, pada IDE 2018 kali ini juga akan mengumpulkan donasi dari para kolektor, komunitas, dan pengunjung yang hadir. Sumbangan yang terkumpul akan disumbangkan kepada para korban gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat serta korvan gempa bumi dam tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. (rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed