Kamis, 01 Nov 2018 07:52 WIB

Ditanya Esemka, Menperin Dahulukan Mobil Desa

Ridwan Arifin - detikOto
Airlangga Jadi Sopir Mobil Desa untuk Jokowi. Foto: Rengga Sancaya Airlangga Jadi Sopir Mobil Desa untuk Jokowi. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Esemka dikabarkan tengah diproduksi dan memiliki sebuah pabrik di Boyolali. Pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi yang berada di Desa Demangan, Kecamatan Sambi, disebut-sebut untuk perakitan mobil Esemka.

Ketika ditanya soal kabar Esemka, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto tidak menjawab secara spesifik. Dia hanya bilang bahwa yang akan didahulukan dalam waktu dekat ini, yaitu AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) atau kendaraan pedesaan.



"Pertama kita bicara mobil itu per tipe, jadi kita akan launch yang namanya angkutan AMMDes, regulasinya sedang kita bahas dengan Kementerian Perhubungan," ungkap Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di acara Internasional Motorcycle Show, JCC Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (31/10/2018) kemarin.

"Soal kelanjutan Esemka, kita belum diundang," jawab Airlangga.

Sebelumnya, mobil desa juga telah diperkenalkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018, Agustus lalu.



Sejak diperkenalkan itu, seperti yang diberitakan detikOto sebelumnya mobil desa masih disempurnakan sebelum diproduksi massal pada Januari 2019 mendatang.

Bicara soal mobil desa, AMMDes memiliki dua fungsi, yaitu sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.

AMMDes memiliki tiga tipe yaitu tipe fix bin dengan power take off (PTO-mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO. Untuk unit AMMDes yang memiliki fasilitas PTO yang terintegrasi dapat diaplikasikan dengan pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator dan berbagi peralatan lainnya. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
CNN ID
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya