Senin, 29 Okt 2018 14:25 WIB

Toyota: Pencinta Avanza Belum Kabur

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Veloz Foto: Dina Rayanti Toyota Veloz Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Tahun ini, si mobil sejuta umat Toyota Avanza harus mengakui keperkasaan Mitsubishi Xpander. Namun dengan angka penjualan sekitar 6.000-7.000 pencinta mobil Avanza belum kabur.

"Sampai saat ini kami masih menjual Avanza sekitar 6-7 ribu per bulan, artinya masyarakat Indonesia masih mempercayai Avanza adalah MPV sejati di kelasnya dengan penggerak roda belakang dan radius putar terkecil di kelasnya, serta layanan purna jual lebih dari 300 cabang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Executive General Manager Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto kepada detikOto.



Faktor lain yang menjadi sebab Avanza masih diterima masyarakat adalah harga jual kembalinya yang tinggi sejak mobil dirilis ke pasaran pada tahun 2014 lalu.
Dari data Gaikindo Mitsubishi Xpander juga menjadi mobil terlaris di Indonesia sepanjang September 2018. Mobil yang memuat tujuh orang penumpang dari Mitsubishi itu terjual sebanyak 6.276 unit.

Sementara itu Avanza harus berada di posisi kedua penjualan terlaris di Indonesia, begitu juga di kelas low MPV. Pada bulan kesembilan 2018, Toyota melepas 6.151 unit Avanza.

Di posisi ketiga diisi oleh Honda Mobilio. Low MPV andalan Honda itu terjual sebanyak 2.646 unit.

Sementara andalan Daihatsu, Xenia, mengisi posisi keempat dengan penjualan sebanyak 1.969 unit. Di bawahnya ada Suzuki Ertiga di angka 1.727 unit. Terakhir, pendatang baru dari China, Wuling Confero mencatatkan angka penjualan sebanyak 909 unit selama September 2018.




Tonton juga 'Wah! Ternyata Avanza Bisa Buat Berkemah':

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed