Kamis, 25 Okt 2018 16:44 WIB

Belum Euro4, Esemka Wajib Diuji Ulang

Dina Rayanti - detikOto
Esemka saat uji emisi 6 tahun lalu Foto: Rachman Haryanto Esemka saat uji emisi 6 tahun lalu Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Bakal memasuki dapur produksi mobil-mobil Esemka dikabarkan belum memenuhi standar Euro4. Seperti dibocorkan oleh Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika.

Putu menyebut ada enam mobil Esemka yang masih berstandar Euro2, bukan Euro4. Itu karena saat pengujian dilakukan, standar Emisi Euro4 belum berlaku. Dengan begitu Esemka wajib diuji ulang agar bisa memenuhi standar Euro4.


"Peraturannya seperti itu (harus diuji ulang)," tutur Kasubdit Uji Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan Dewanto Purnacandra saat dihubungi detikOto, Kamis (25/10/2018).

Seperti diketahui, mobil-mobil yang bakal masuk dapur produksi untuk yang bermesin bensin per Oktober 2018 haruslah memenuhi standar emisi Euro4.

Hal itu tercantum dalam Peraturan Menteri (PERMEN) LHK No.p.20/MENLHK/SETJEN/KUM. 1/3/2017, tentang baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor tipe Euro 4.


Keenam mobil Esemka yang harus melakukan Uji Tipe ulang adalah pick up Bima 1.0, 1.3, 1.3L, 1.8D (diesel), Double Cabin Digdaya 2.0, dan Minivan Borneo 2.7D. Sebelumnya Esemka sudah lulus Uji Tipe usai melewati 10 macam tes di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB) Kementerian Perhubungan.

Tidak cuma Esemka, seluruh merek yang bakal memproduksinya di Indonesia pun diwajibkan untuk melakukan Uji Tipe. Setelah lulus Uji Tipe dan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT), maka mobil boleh diproduksi massal.


Tonton juga 'Jokowi Buka-bukaan Soal Nasib Mobil Esemka':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed