Selasa, 23 Okt 2018 18:59 WIB

Pertamina Lubricants Latih Puluhan Siswa SMK Jadi Pengusaha Bengkel

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: pertamina lubricants Foto: pertamina lubricants
Jakarta - PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V kembali meluncurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) berbasis kemandirian ekonomi yakni Enduro Student Program (ESP) di Madiun, Jawa Timur.

Mulainya program tersebut ditandai dengan pemberian topi Enduro oleh Pjs. Sales Area Manager V PT Pertamina Lubricants Wahyudi Kurniawan dan Senior CSR Officer PT Pertamina Lubricants kepada peserta ESP.

"Kami ingin menciptakan anak-anak muda yang mempunyai jiwa entrepreneurship yang baik sejak dini. Dengan adanya rangkaian pelatihan teknis dan non-teknis, kami berharap beserta nantinya bisa siap jiwa dan mental dalam menjalankan bisnis di dunia perbengkelan ini." Ungkap Wahyudi, dalam keterangan tertulis, Selasa (23/10/2018).

Perekrutan peserta pelatihan ESP ini melibatkan 21 siswa-siswi SMK di Madiun yang dipilih melalui dua tahapan seleksi untuk memenuhi kualifikasi peserta ESP.
Tahapan ESP sendiri yang pertama adalah pelatihan teknis sepeda motor dan non-teknis selama lebih dari satu bulan. Pelatihan tersebut bertujuan untuk memperdalam pengetahuan peserta ESP mengenai kendaraan bermotor. Pelatihan dilakukan di Balai Latihan Kerja Industri (BLK) Madiun Pelatihan Kerja Madiun.



Selanjutnya, peserta juga akan menerima materi non-teknis, yaitu materi yang lebih bertujuan untuk membangun karakter dan kreativitas entrepreneurship peserta ESP. Materi non-teknis yang akan diberikan adalah creative thinking yang mengajarkan peserta untuk dapat melihat potensi-potensi tersembunyi dari berwirausaha, kemudian wawasan kebangsaan, pengelolaan limbah dan lingkungan, kewiraushaaan dan product knowledge produk pelumas Pertamina Lubricants.

Setelah itu peserta akan melakukan magang di bengkel mitra binaan PT Pertamina Lubricants.

"Ketika magang, peserta akan menerima mentorship dan pelatihan kerja langsung oleh mekanik yang sudah berpengalaman. Dengan bekerja sama dan mem-branding bengkel-bengkel lokal untuk lokasi magang peserta ESP, PT Pertamina Lubricants juga berharap dapat mendukung perkembangan bengkel-bengkel kecil yang memiliki potensi untuk berkembang." Lanjut Wahyudi.



Setelah peserta melakukan magang, mereka akan dibekali dengan pelatihan wirausaha, pelatihan lingkungan dan perencanaan bisnis oleh para ahli di bidangnya. Pelatihan kewirausahaan diberikan oleh bengkel-bengkel sukses di Semarang dan sekitarnya. Selain untuk memberikan ilmu terapan, mereka juga diharapkan akan memberikan motivasi kepada peserta.

Turut hadir dalam peluncuran tersebut antara lain Kepala UPT Pelatihan Kerja Madiun Sugiyarto, UPT Dinas Pendidikan Madiun Kharisma Herlambang dan Kepala Bidang Pelatihan Disnaker Muhammad Firman.

ESP adalah program Creating Shared Value (CSV) yang telah resmi diluncurkan pada tahun 2016. Kegiatan ini juga merupakan program rangkaian pendidikan, pelatihan dan kewirausahaan (entrepreneurship) mandiri khususnya di dunia perbengkelan roda dua bagi siswa-siswi terpilih dari berbagai SMK Otomotif dan Teknik unggulan serta SMA.

Program ESP di Madiun ini merupakan wilayah ke-7 dimana sebelumnya sudah diluncurkan pertama kali di Cilacap pada tahun 2016, di Gresik dan Lamongan pada pertengahan 2017 dan di Blora, Tuban serta Bojonegoro juga pada tahun 2017. Sementara pada tahun 2018 di Nusa Tenggara Timur Makassar dan Semarang.

Dengan tema "Semangat Membangun Tenaga Muda Produktif Indonesia", program ESP telah berhasil mencetak para wirausaha muda di bidang perbengkelan roda dua. Secara keseluruhan, ESP telah mencetak lebih dari 30 bengkel mandiri. Kegiatan ini diharapkan akan melahirkan kembali bengkel-bengkel mandiri di wilayah lainnya dan mampu meneruskan semangat belajar dan wirausaha muda di seluruh Indonesia.

Dunia otomotif dan perbengkelan merupakan urat nadi dan darah dari pertumbuhan industri pelumas di Indonesia. Sebagai produsen pelumas nasional, peran bengkel dan mekanik khususnya telah memberikan manfaat luar biasa bagi konsumen, pertumbuhan ekonomi negara dan kemandirian masyarakat. Pertamina Lubricants percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangatlah penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

Program ini selaras dengan komitmen CSR PT Pertamina Lubricants, bekerja sama dengan mitra, untuk mendukung kemandirian tenaga muda produktif Indonesia di bidang otomotif. Dengan ESP ini, diharapkan kemandirian masyarakat dapat terbangun secara berkelanjutan dimana para peserta dapat membuka lapangan pekerjaan, membangun ekonomi setempat dan menjadi inspirator bagi rekan-rekan mereka. (mul/mpr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed