Sabtu, 20 Okt 2018 10:59 WIB

Mini Klasik Sanggup Tenggak Oktan Tinggi

Ridwan Arifin - detikOto
Mini Foto: Ridwan Arifin Mini Foto: Ridwan Arifin
Bekasi - Mini Morris juga dikenal sebagai mobil klasik yang sangat perlu dijaga performanya. Termasuk pemilihan bahan bakar yang digunakan.

Ada salah satu bengkel spesialis Mini klasik yang bernama QQ Mini Morris terletak di Jl. Raya Hankam No.56, Jatimurni, Bekasi. Polo yang juga mekanik di bengkel tersebut menyarankan agar pengguna mobil klasik Mini Morris menggunakan bahan bakar beroktan tinggi, seperti Pertamax.



"Ya bagusnya Pertamax, kan ngaruh ke-tarikan mesin, temperatur juga, menjaga keawetan mesin," tutur Polo.

"Sepertinya tidak ada yang namanya mesin rusak pakai bahan bakar oktan tinggi, malah performa jadi lebih baik dengan oktan yang lebih tinggi, tenaga jadi bagus," ujarnya.

Ia juga menuturkan kalau penggunaan bensin sebenarnya tergantung dari pemiliknya. Meski demikian oktan yang lebih rendah seperti Premium dan Pertalite juga masih bisa dikonsumsi Mini klasik.



"Tapi ada nggak enaknya pakai premium, tarikan gas jadi knocking istilahnya ya," tutur Polo.

Untuk diketahui Knocking dapat menyebabkan tenaga mesin berkurang sehingga terjadi pemborosan atau inefisiensi. Bila Knocking terus berlanjut akan mengakibatkan kerusakan pada piston sehingga komponen tersebut lebih cepat haus untuk diganti. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed