Sabtu, 20 Okt 2018 08:48 WIB

Nostalgia dengan Mobil-mobil Esemka saat Pertama Kali Dipamerkan

Dina Rayanti - detikOto
Esemka. Foto: Rachman Haryanto Esemka. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Ini bukan kali pertama nama Esemka muncul ke permukaan. Sejak tahun 2012 nama Esemka mulai mencuat ke permukaan apalagi saat digunakan Walikota Surakarta Joko Widodo sebagai kendaraan dinasnya, popularitas Esemka terus melambung.

Berbagai siswa-siswa SMK dilibatkan dalam proyek ini. Hingga akhirnya akhir tahun 2012, Jokowi yang terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta juga menyebut mobil Esemka bakal kembali menemaninya dalam beraktivitas.

Esemka Rosa vanEsemka Rosa van Foto: dok detikcom


Itu dilakukan sebab sertifikat mobil Esemka telah keluar usai lulus Uji Tipe yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

Mobil Esemka tidak hanya satu jenis. Ada mobil penumpang berbentuk SUV hingga pikap pun meramaikan jalanan-jalanan Indonesia. Tapi belum semuanya mendapatkan sertifikat Uji Tipe. Berdasarkan catatan detikOto, 18 Oktober 2012 Esemka tipe Bima (4x2) M/T berjenis mobil barang yang mendapatkannya.

Foto: dok detikcom



Esemka Rajawali berjenis SUV pun lulus setelah melakoni serangkaian tes pada September 2012.

Kehadirannya pun disambut positif. Peminatnya tidak hanya kalangan masyarakat saja, pejabat pun kepincut akan Esemka.

Sebut saja Djoko Kirmanto, Roy Suryo, FX Ruyatmo, dan YF Sukasno sempat memesan mobil ini sebelum peluncuran pada 10 Oktober 2013. Saat itu 70 persen komponen Esemka berasal dari dalam negeri, sementara komponen impornya hanya 30 persen saja.

Hatchback EsemkaHatchback Esemka Foto: dok detikcom

Tapi sayangnya Esemka tak juga hadir. Tahun 2013, salah satu produsen Esemka, PT Solo Manufaktur Kreasi menyebut tak jadi membangun pabrik Esemka. Semenjak saat itu nama Esemka perlahan meredup.

Hingga akhirnya pada tahun 2016, Esemka dikabarkan sedang menyiapkan pabrik untuk memproduksi mobil-mobilnya. Tahun 2017 pabrik Esemka sudah hampir rampung. Pabrik di kawasan Boyolali itu dikabarkan siap memproduksi mobil-mobil Esemka.


Bahkan terakhir kunjungan detikOto awal Oktober 2018, pabrik terlihat hampir 100 persen rampung. Di sana banyak mobil jenis pikap berjejer. Kedelapan mobil Esemka juga sudah dinyatakan lulus Uji Tipe oleh Kementerian Perhubungan sehingga diperbolehkan untuk diproduksi.

Bisa jadi pikap tersebut memang salah satu mobil Esemka. Dari kedelapan mobil tersebut memang terdapat pikap sebagai salah satu modelnya. Minimnya informasi soal mobil Esemka pun membuat penasaran masyarakat. Baik PT ACEH maupun PT SMK yang disebut-sebut sebagai produsen Esemka pun sulit dihubungi.

Sebagian mempertanyakan kebenaran mobil ini namun ada juga yang meyakini mobil bakal hadir sebentar lagi. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed