Selasa, 16 Okt 2018 07:37 WIB

Persaingan Avanza-Xpander cs, Ini Angka Penjualannya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Persaingan Mobil Low MPV. Foto: Grandyos Zafna Persaingan Mobil Low MPV. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Persaingan mobil di segmen low MPV makin ketat. Segmen ini merupakan kelas yang paling banyak diminati di Indonesia. Bagaimana tidak, dengan harga yang lumayan terjangkau mobil bisa mengangkut hingga tujuh orang.

Besarnya pangsa pasar mobil low MPV membuat beberapa pabrikan bermain di segmen ini. Bahkan, saat ini ada dua pendatang baru di kelas ini, yaitu Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.



Bagaimana persaingan segmen low MPV dalam angka penjualan? Merujuk data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), saat ini segmen low MPV dipimpin oleh pendatang baru. Ya, itu adalah Mitsubishi Xpander.

Tak cuma merajai segmen low MPV, Mitsubishi Xpander juga menjadi mobil terlaris di Indonesia sepanjang September 2018. Mobil yang memuat tujuh orang penumpang dari Mitsubishi itu terjual sebanyak 6.276 unit.



Sebelum pendatang baru meramaikan pasar low MPV, Toyota Avanza menjadi rajanya. Kini, mobil sejuta umat itu harus mengalahkan posisi teratas penjualan terbanyak ke Mitsubishi Xpander. Pada September 2018, Avanza mengisi posisi kedua penjualan terlaris di Indonesia, begitu juga di kelas low MPV. Pada bulan kesembilan 2018, Toyota melepas 6.151 unit Avanza.

Di posisi ketiga diisi oleh Honda Mobilio. Low MPV andalan Honda itu terjual sebanyak 2.646 unit.

Sementara andalan Daihatsu, Xenia, mengisi posisi keempat dengan penjualan sebanyak 1.969 unit. Di bawahnya ada Suzuki Ertiga di angka 1.727 unit. Terakhir, pendatang baru dari China, Wuling Confero mencatatkan angka penjualan sebanyak 909 unit selama September 2018.




Tonton juga 'Xpander Dapat Bintang 4 Uji Tabrakan':

[Gambas:Video 20detik]

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed