Senin, 15 Okt 2018 12:53 WIB

Sebelum Lulus Uji Tipe, Esemka Lakoni Tes Ini

Dina Rayanti - detikOto
Foto: dok detikOto Foto: dok detikOto
Jakarta - Esemka dinyatakan sudah lulus uji tipe. Dengan begitu Esemka sudah siap masuk jalur produksi. Sebelum dinyatakan lulus, rupanya Esemka ditempa dengan berbagai ujian.

Tak sembarangan Esemka diuji di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Kementerian Perhubungan. Ada 11 jenis pengujian yang dilakukan oleh Esemka.


Pertama Esemka melakoni uji konstruksi, dimensi, lampu utama, slide slip roda depan, radius putar, speedometer, berat kendaraan, rem utama dan rem parkir, emisi gas buang, tingkat suara klakson, serta pemenuhan syarat teknis.

"Uji tipe sesuai dengan VTA (Vehicle Type Approval) itu ada 11 item diuji. Kalau saya mengujinya yang tiga itu dua mobil barang dan satu mobil penumpang lima sisanya sudah diuji Februari-Maret 2016," jelas Kepala Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJ-SKB) Caroline Noorida, saat dihubungi detikOto, Senin (15/10/2018).


Esemka yang sudah lulus Uji Tipe ini akan mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT). SUT ini merupakan modal Esemka sebelum diproduksi seperti layaknya mobil lain yang diproduksi di Tanah Air. Ada dua mobil penumpang yang disiapkan yakni SUV 4x4 bermesin 2.0L bernama Garuda dan sebuah mobil mungil disapa Niaga.

Secara keseluruhan ada delapan mobil Esemka yang siap mengaspal di jalanan Indonesia. Wah patut ditunggu nih Otolovers. Jika nantinya muncul, Esemka bakal meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Pilihan masyarakat pun semakin banyak.




Tonton juga 'Soal Esemka, Jokowi akan Dorong agar Industri Berkemban':

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed