Sabtu, 13 Okt 2018 12:01 WIB

Tidak Peduli Harga Naik, Main Offroad Baiknya Pakai Oktan Tinggi

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama Foto: Rizki Pratama
Sentul - Bagi yang senang menguji adrenalin dan kemampuan mengemudi, mengendarai kendaraan dalam kondisi prima dan performa terbaik sudah jadi syarat wajib. Setiap aspek dalam menggerakkan mobil tak boleh luput dari perhatian supaya mendapatkan kepuasan maksimal dalam lintasan.

Hal kecil yang mungkin terdengar sepele adalah pemilihan jenis bahan bakar. Untuk olahraga otomotif jenis offroad yang butuh tenaga kuat tidak bisa sembarangan memilih bahan bakar.

"Untuk offroad kami tidak pernah menggunakan bahan bakar premium atau subsidi, kami selalu menggunakan bahan bakar non subsidi seperti Pertamax Turbo atau Racing Fuel," ungkap Kepala Pengda Indonesian Offroad Federation (IOF) Jatim, Asnan.



Pertamax Turbo merupakan salah satu bahan bakar di Indonesia yang mengandung angka oktan besar. Timbal sendiri sebenarnya sudah dilarang penggunaannya sebagai zat campuran bahan bakar di sejumlah negara maju. Pertamax Turbo untuk saat ini merupakan bahan bakar yang mengandung oktan tertinggi saat ini dengan kandungan RON 98.

Menggunakan bahan bakar yang bernilai RON tinggi akan menghasilkan performa yang lebih baik serta menjaga umur mesin karena tidak mudah panas. Selain itu sisa bahan bakar juga mengandung karbon dioksida yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan BBM beroktan rendah. "Bahan bakar berpengaruh besar dalam performa mobil offroad, sangat dianjurkan karena akan menjaga kesehatan mobil juga," tambah Asnan.



Mengenai bahan bakar Asnan pernah punya cerita menarik saat berusaha menaklukkan sebuah track offroad. "Waktu itu pernah bensin habis, padahal udah persiapan tapi kadang ada saja kelupaan atau masalah selang bocor. Kalau sudah seperti itu ya gimana lagi nggak sampai finish," kenang Asnan.

(Rizki Pratama/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com