Selasa, 09 Okt 2018 15:41 WIB

Gagal Maning! Suzuki Swift Kurang Oke di Crash Test

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Suzuki Foto: Suzuki
New Delhi -

[Gambas:Youtube]



Mobil buatan India kembali mendapatkan hasil kurang bagus dalam crash test atau test tabrak. Kali ini mobil Suzuki Swift harus puas mendapatkan dua dari lima bintang dalam tes kecelakaan yang dilakukan Global New Car Assessment Program (GNCAP).

Hasil tersebut merupakan bagian dari kampanye uji coba "Safer Cars for India", GNCAP mencatat bahwa mobil tersebut gagal untuk keamanan orang dewasa dan anak-anak.

Rating 2 bintang itu terjadi karena struktur dari Swift 'Made in India' ini tidak stabil jika terjadi kecelakaan dan perlindungan yang kurang baik pada bagian dada dan lutut.



Sebenarnya mobil sudah punya nilai cukup baik pada kemanan kepala dan leher pengemudi. Mobil juga sudah dilengkapi dengan dual airbag bersama dengan sabuk pengaman pra-tensioner untuk penumpang dan pengemudi bagian depan. Sementara untuk anak sudah tersedia kursi keamanan ISOFIX.

Tetapi penilaian paling buruk disebabkan karena Maruti Suzuki Swift tidak dibekali pengereman berteknologi Anti-lock Brake System (ABS).

"Versi terbaru dari Swift yang dijual di India telah mengalami peningkatan dengan baik soal keselamatan, dapat dilihat dari dual airbag standar. Hal itu merupakan efek positif dari ketegasan pemerintah India mengenai peraturan uji tabrakan baru. Namun kinerja Swift yang dijual di Eropa dan Jepang sangat lebih baik dari itu, sehingga GNCAP menargetkan Marutti Swift dengan target tinggi," ungkap Sekretaris Jenderal GNCAP David Ward.



Pada saat pengujian kursi keselamatan anak mampu mencegah gerakan berlebihan saat terjadi benturan dengan anak berusia 3 tahun yang diikat tetapi lain cerita bila kursi pengaman ditawarkan ke bagian kepala dan dada seorang anak berusia 18 bulan, penilaian GNCAP cukup buruk.

Hasil uji tabrak (crash test) sebuah mobil bisa menjadi acuan sebelum seseorang membeli mobil. Dari hasil tersebut kita dapat mengetahui keamanan suatu mobil walaupun tidak menjamin keselamatan pengendara dan penumpang di dalamnnya.




Tonton juga 'Suzuki Jimny 'Bertekuk Lutut' Saat Crash test':

[Gambas:Video 20detik]

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com