Selasa, 09 Okt 2018 09:36 WIB

Toyota Pertimbangkan Produksi Lexus di China, di RI?

Ruly Kurniawan - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Beijing/Jakarta - Toyota Motor Corporation sedang mempertimbangkan untuk memproduksi mobil premiumnya, Lexus, di China. Hal tersebut dilakukan guna mengurangi beban kapasitas produksi dan lebih dekat dengan konsumennya di Asia.

Diberitakan Reuters, Selasa (9/10/2018) rencana Lexus ekspansi ke pasar otomotif terbesar di dunia ini sudah berlangsung cukup lama. Namun baru dua tahun belakangan ini Toyota mulai melakukan studi serius untuk melokalkan Lexus di China lewat kerja sama dengan Guangzhou Automobile Group Co dan FAW Group.

Pasokan Lexus selama ini adalah dari Jepang. Dengan dibantu oleh pabrik yang berada di China, Toyota percaya mobil premium asal Jepang tersebut bakal makin laris. Tapi belum ada kepastian jelas lebih jauh akan kabar tersebut.


Toyota sendiri sudah melokalisasi berbagai produk premiumnya di China yakni Camry, Highlander, Corolla, Levin dan Crown. Keempat model itu laris karena harganya yang cukup terjangkau.

"Semuanya masih dalam persiapan (Lexus diproduksi di China-Red). Kita masih menunggu management," kata salah satu sumber Reuters.

Di kesempatan berbeda, General Manager Lexus Indonesia Adrian Tirtadjaja mengatakan untuk membangun pabrik di negara baru Lexus harus mencapai volume penjualan tertentu. Itulah salah satu hal mengapa Indonesia belum dilirik pihak Lexus untuk membuatkan pabriknya.

"Bukan tidak mungkin, mudah-mudahan one day (produksi Lexus dalam negeri) kalau memang volumenya cukup kompetitif," ungkapnya.


Apakah nanti pasokan Lexus ke Indonesia bukan dari Jepang lagi? Kita nantikan saja.





Tonton juga 'Ngegas SUV Terbaru yang Anak Muda Banget':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed