Senin, 08 Okt 2018 17:49 WIB

Intip Cara Ganti Oli Ferrari, Tak Sesulit yang Dibayangkan Kok!

Dina Rayanti - detikOto
Mesin Ferrari 488 Spider (Foto: Hasan Alhabshy) Mesin Ferrari 488 Spider (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta - Namanya mobil mahal pasti ada perlakuan khusus dan berbeda. Misalnya saja cara memperlakukan Ferrari dan Avanza tentu berbeda. Dari segi harga pun perbedaannya bagai langit dan bumi. Begitu pula dengan perawatannya.

Dalam sebuah akun Youtube Royal Exotic Cars tampak proses penggantian oli mobil eksotis Ferrari 488 Spider. Mengganti oli Ferrari, peralatan yang digunakan tak bisa sembarangan. Harus ada peralatan khusus juga dikerjakan di tempat yang memiliki ruang khusus.


Membuang oli bekas sebelum menggantinya dengan yang baru menjadi tantangan tersendiri. Bagian bawah Ferrari dilapisi oleh panel aerodinamis berbahan plastik. Untuk mengganti oli, bagian panel berbahan plastik itu harus dibuka terlebih dahulu.

Memiliki dongkrak berbentuk segitiga piramida sangat dianjurkan untuk mempermudah penggantian oli. Jadi selain diangkut menggunakan pompa hidrolik, dibutuhkan juga dongkrak segitiga piramida yang dapat membantu.

Untuk melepas panel, hal pertama yang dilakukan adalah mencopot diffuser belakang. Kemudian setelahnya menyusul keseluruhan panel dapat terbuka.


Jika semuanya sudah terbuka, ada empat mur yang dapat dibuka untuk membuang oli tersisa. Setelah oli tersisa dibuang maka cairan oli terbaru kembali dimasukkan ke dalam mesin mobil.

Tampak pekerjaan itu mudah asal dikerjakan dengan menggunakan peralatan yang sesuai. Bahkan dalam video, seorang pria bisa mengerjakan penggantian oli Ferrari sendirian.

[Gambas:Youtube]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed