Kamis, 04 Okt 2018 08:16 WIB

Pembatas Tong yang Mau Dipasang Kang Emil Bisa Kurangi Kecelakaan 94%

Dina Rayanti - detikOto
Roller barrier di jalanan Malaysia. Foto: dok Paultan Roller barrier di jalanan Malaysia. Foto: dok Paultan
Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana untuk memasang pembatas jalan yang terbuat dari tong di sekitar jalanan berliku serta melewati jurang di kawasan Jawa Barat. Pembatas tong itu didatangkan dari Korea Selatan.

Teknologi yang dinamakan roller barrier tersebut dinilai bisa mengurangi kecelakaan jika dibandingkan pembatas jalan konvensional (terbuat dari beton).


Ini bukanlah teknologi baru karena sebelumnya negara tetangga Malaysia pun sudah memasangnya sejak tahun 2016. Di Malaysia, sebut deputi Menteri yang saat itu menjabat Dauk Rosnah Abdul Rashid Shirlin, pemasangan roller barrier dinilai efektif karena bisa mengurangi angka kecelakaan hingga 94 persen.

"Pembatas ini bisa mengurangi efek dari kecelakaan karena roller barrier bisa mengubah energi tabrak menjadi energi putar. Selain itu pembatas tong ini juga memiliki lampu reflektor dan bisa menyerap energi kejut yang mengurangi dampak setelah kendaraan menabrak," jelasnya.

Belum jelas hingga saat ini wilayah Jawa Barat mana saja jalanan yang bakal dipasang pembatas tong. Yang jelas, teknologi itu tidak murah.


"Untuk memasang pembatas jalan biasa kami harus membayar 250 Ringgit (setara dengan Rp 896 ribu) per meter, sedangkan roller barrier 1.500 Ringgit (setara Rp 5,3 juta) per meter," ujarnya.

Untuk pemasangangannya sendiri ucap Rosnah membutuhkan waktu 58 hari. Sistem tersebut sengaja dipasang pemerintah Malaysia untuk mengurangi kecelakaan di sana. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com