Rabu, 03 Okt 2018 15:51 WIB

SUV Proton Rival Honda HR-V Bakal Masuk RI Tahun Depan

Dina Rayanti - detikOto
Proton XJ70. Foto: Paultan Proton XJ70. Foto: Paultan
Jakarta - Merek Proton memang tidak terlalu cemerlang di Indonesia. Melihat dari penjualannya saja, mobil ini kalah bersaing jika dibandingkan merek mobil Jepang.

Tercatat dalam data distribusi wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), selama Januari hingga Agustus 2018 hanya 13 unit mobil terjual di Tanah Air.


Bagai langit dan bumi, produsen mobil Jepang justru bisa menjual ribuan unit mobil hanya dalam waktu satu bulan saja. Saat ini memang hanya ada satu model yang dijual Proton di Indonesia yakni Iriz. Tapi Otolovers yang memang penggemar mobil Proton tidak perlu khawatir.

Mobil baru Proton yang berbentuk SUV siap masuk ke Indonesia. Mobil itu merupakan hasil kolaborasi dari Proton dan Geely. Di negara asalnya Proton XJ70 berbasis Geely Boyue baru akan mengaspal November mendatang.

Sementara di Indonesia, calon penantang Honda HR-V 1.8 L ini rencananya baru masuk tahun depan.


"Yang saya baru tahu pasti baru 1, tahun depan SUV X70," ungkap Head of Sales and Marketing Proton Edar Indonesia Rully Septiadi saat dihubungi detikOto, Rabu (3/10/2018).

Mobil ini diharap bisa menjadi asa baru buat Proton. SUV XJ70 dibekali mesin TGDi turbocharged empat silinder berbahan bakar bensin. Berkat mesin itu, XJ70 diharap bisa menyemburkan tenaga hingga 181 daya kuda serta torsi 285 Nm dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan dengan pilihan penggerak roda depan dan semua roda. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com