Minggu, 16 Sep 2018 15:11 WIB

Waduh, Hanya Pakai HP Mobil Bisa Dicuri

Rizki Pratama - detikOto
Tesla Model 3. Foto: Elon Musk Tesla Model 3. Foto: Elon Musk
Minnesota - Seorang pria masuk ke dalam perusahaan penyewaan Testal di Mall of America di Bloomington, Minnesota, dan membawa kabur Tesla Model 3 tanpa membayarnya sepeserpun. Pria ini hanya membutuhkan aplikasi smarphone dan beberapa kemampuan teknis.

Pria itu sebenarnya cukup sering lalu lalang di perusahaan rental Tesla Trevls yang dijalankan oleh John Marino. Marino mengatakan, petunjuk pertama ini menjadi alasan yang cukup kuat untuk menjadikan pria tersebut sebagai pelaku.



Petunjuk kedua adalah fakta bahwa pria itu sering menyombongkan kemampuan dirinya kepada Marino tentang keahliannya di Tesla. Pria ini juga mengatakan betapa mudahnya mematahkan dan mencuri salah satu dari mobil-mobil ini karena interkoneksi mereka. Bukti paling konkret adalah rekaman CCTV dia berjalan ke Trevls dan tidak keluar dari tempat yang sama saat dia datang.

"Kami menduga itu dia karena dia sering menyombongkan tentang betapa dia tahu tentang mobil dan keamanannya, dan dia adalah orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan hal ini," kata Marino.



Pria itu menipu aplikasi Tesla untuk mengenali dia sebagai pemilik Model 3 hingga dia mampu membuka kunci dan mengendarai mobil tersebut. Selanjutnya pria ini menonaktifkan pelacakan GPS di kendaraan agar jejaknya tidak dapat dilacak oleh polisi.

Rencana bagus si pencuri itu memiliki celah untuk gagal karena setiap kali pria itu berhenti untuk mengisi ulang mobil itu akan muncul di Tesla, sehingga mereka dapat melacak rutenya. Pria itu ditangkap 3 hari setelah dia mencuri mobil dalam perjalanan ke Texas di mana dia berdasarkan dugaan seorang pembeli sudah siap mengambil alih mobil tersebut.

"Tesla bukan mobil untuk dicuri. Jumlah data Tesla yang terkumpul sebenarnya sangatlah lengkap dan banyak," ujar Spesialis Forensik Komputer, Mark Lanterman kepada media.

"Orang ini meyakinkan Tesla untuk memberi nomor VIN dari kendaraan itu dan menambahkannya ke akun Tesla-nya. Anda dapat melakukannya dengan panggilan telepon. Dengan melakukan itu, Anda dapat mengontrol Tesla dari aplikasi di ponsel Anda," Lanterman menambahkan. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed